East Java Journey 2023: Patricia Antusias Lalui Rute Pulang Kampung


Bagi Patricia, mengikuti East Java Journey 2023 ibarat pulang kampung. Sebab suaminya berasal dari Banyuwangi

Patricia langsung tertarik begitu mengetahui tentang East Java Journey berlangsung tahun ini. Tidak berpikir terlalu lama, dia memilih rute full journey. Patricia akan gowes sejauh 1.200 km. Sebab, Patricia sendiri memang hobi gowes jarak jauh. Apalagi dia juga salah satu finisher Bentang Jawa 2022.

"Ini salah satu event yang saya nantikan karena saya senang mengeksplorasi. Ketika melihat posting-an dari teman-teman, wah ini menarik. Kebetulan suami saya asal Banyuwangi. Jadi, ini daerah yang harus saya kunjungi untuk gowes," ungkap Patricia kepada Mainsepeda.com.

Rute di Jawa Timur (Jatim) juga cukup familiar bagi Deputi Direktur Laporan dan Standar Akuntansi DPNP di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini. Sebelum ada bandara di Banyuwangi, Patricia dan keluarganya menempuh jalur darat ke Banyuwangi. Ini yang membuatnya penasaran ingin melalui rute mudiknya itu menggunakan sepeda.

"Saya belum kesampaian gowes lewat Baluran dan sepertinya menarik juga melewati daerah pesisir pantai. Selama ini saya gowes lewat jalur tengah lewat Jember. Saya berharap nanti bisa melihat banyak view yang indah. Selain itu juga bertemu dengan komunitas lokal. Ini bisa jadi pengalaman yang seru sih," ujarnya.

Target Patricia tidak muluk-muluk. Kategori Full Journey ini memang bersifat kompetitif. Ada juaranya. Meski demikian, Patricia tidak terlalu memikirkan hal tersebut. Sebab dia hanya ingin menyelesaikan rute sejauh 1.200 km dengan baik dan lancar.

"Bisa finis di bawah cut off time. Saya nggak ada target podium. Hanya ingin menikmati perjalanan dan keindahan sepanjang rute. Soalnya ini menarik sih fasilitas juga banyak dibanding race yang lain. Sangat memudahkan bagi long rider," kata alumni Universitas Sumatera Utara itu.

Dalam persiapannya di event yang berlangsung pada 14-19 Maret itu, Patricia rutin melakukan gowes endurance. Jika biasanya dia melakukan long ride sekali dalam sepekan, kini ditingkatkan menjadi dua kali dalam sepekan. 

"Sekarang lebih banyak latihan nanjak dan long ride, untuk membangun daya tahan tubuh. Kalau definisi long ride saya itu gowes di atas 150 km dengan elevasi di atas 2.000 meter ya," tuturnya. (mainsepeda)

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 126

Foto: Dokumentasi Patricia


COMMENTS