Shimano CUES, Ekosistem Baru Pengganti Grupset di Bawah 105

Shimano baru saja meluncurkan CUES. Singkatan dari Creating Unique Experiences, atau menciptakan pengalaman unik. CUES menyatukan grupset kelas menengah milik pabrikan asal Jepang tersebut. Menjadikannya sebagai satu ekosistem yang lebih ramping serta mudah dikelola.

Kehadiran CUES membuat Tiagra, Sora atau Claris untuk road, serta Deore, Alivio, Acera, dan Altus untuk MTB, semuanya akan dimusnahkan. Selanjutnya hanya ada Dura-Ace, Ultegra, dan 105 untuk road. Serta XTR, XT dan SLX untuk MTB. Semua yang berada di bawah mereka digantikan CUES.

Ekosistem CUES akan terdiri dari berbagai komponen untuk 9-speed, 10-speed, hingga 11-speed. Meski mengelola grupset kelas menengah, CUES akan membangun teknologinya sendiri. Alih-alih menggunakan sisa-sisa teknologi grupset level atas Shimano setelah sudah usang.

CUAE menggunakan sistem yang disebut dengan nama Linkglide. Linkglide, menurut Shimano, adalah teknologi drivetrain yang paling tahan lama. Teknologi ini dapat memperpanjang umur komponen secara keseluruhan. Shimano menyediakan sproket yang lebih tahan lama, profil gigi kaset yang diperbarui, dan perpindahan gigi yang mulus.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Shimano CUES tersedia untuk 9-speed, 10-speed, hingga 11-speed. Kode seri produk Shimano untuk komponen CUES adalah U4000, U6000 dan U8000 (serta derailleur U3000). 

Launching untuk beberapa peralatan CUES sudah dilakukan tahun lalu dalam bentuk beberapa varian Di2 . Peluncuran peralatan baru ini merupakan bagian dari rangkaian komponen mekanis yang jauh lebih besar di ekosistem CUES.

Kehadiran CUES memang menjadi kabar baik untuk pesepeda. Apalagi CUES diklaim Shimano lebih tahan lama. Sehingga para pemakainya tidak perlu bolak-balik ke toko sepeda untuk untuk menggantinya. (mainsepeda)

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 126

Foto: Shimano


COMMENTS