UAE Tour 2023: Groenewegen Kalahkan Gaviria dan Bennett dalam Sprint di Etape 5


Setelah dua etape berturut-turut dikuasai pembalap Kolombia, giliran rider Belanda yang unjuk gigi di Etape 5 UAE Tour 2023. Adalah Dylan Groenewegen (Jayco-AlUla) yang berhasil finis pertama dalam lomba yang berlangsung Jumat (24/2) malam waktu Indonesia tersebut. Ia mengungguli Fernando Gaviria (Movistar) dan Sam Bennett (Bora-Hansgrohe).

Tahapan ini dimulai dari Al Marjan Island. Kemudian para pembalap melaju sejauh 170 km menuju Umm al Quwain. Seperti dua etape sebelumnya, stage kali ini juga berakhir dengan adu cepat daripara sprinter. Groenewegen menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 3 jam 57 menit 7 detik Gaviria dan Bennett finis kedua dan ketiga.

"Itu sulit. Sangat sulit untuk mendapatkan momentum yang tepat. Kami memiliki momentum yang sangat terlambat, tetapi itu adalah momen yang bagus. Saya kemudian beradu dengan Sam Bennett di sisa 250 meter. Saya berhasil melakukannya dan ini adalah kemenangan yang sangat bagus," bilang Groenewegen selepas balapan.

Dalam kilometer pemungkas itu, Groenewegen awalnya terlihat lebih cenderung bergerak ke kanan. Kemudian ia mengubah arah ke kiri. Gaviria dan Bennett menjadi pesaing terdekatnya. Saat Bennett sedikit mengendur, Groenewegen dan Gaviria tancap gas di 200 meter tersisa. Groenewegen berhasil mempertahankan kecepatannya hingga finis pertama di etape ini.

Ini merupakan kemenangan keduanya pada musim ini. Sebelumnya, Groenewegen berhasil finis pertama di Etape 1 Saudi Tour 2023 pada penghujung Januari lalu. Awal musim yang baik untuk mantan pembalap Jumbo-Visma tersebut. Apalagi ia ditarget tampil di Tour de France 2022 pada Juli mendatang.

Groenewegen masih mungkin menambah kemenangan di UAE Tour 2023. Sebab Etape 6 kembali menghadirkan medan yang flat. Para pembalap akan memulai aksinya dari Warner Bros. World Abu Dhabi. Finisnya di Abu Dhabi Breakwater. Panjang rutenya 166 km. Tak ada satu pun tanjakan di tahapan ini.

Sementara itu, Remco Evenepoel (Soudal-QuickStep) masih bertahan di puncak General Classification (GC). Juara dunia road 2022 ini bahkan berhasil memperlebar jarak dari pada pesaingnya. Ia membelakangi Luke Plapp (Ineos Grenadiers) dengan gap sembilan detik. Juga unggul 13 detik dari Pello Bilbao (Bahrain Victorious). (mainsepeda)

Hasil Etape 5 UAE Tour 2023 (Top Ten)
1. Dylan Groenewegen (Belanda), Jayco-AlUla 3 jam 57 menit 7 detik
2. Fernando Gaviria (Kolombia), Movistar +0
3. Sam Bennett (Irlandia), Bora-Hansgrohe +0
4. Emils Liepins (Latvia), Trek-Segafredo +0
5. Tim Merlier (Belgia), Soudal-QuickStep +0
6. Sam Welsford (Australia), Team DSM +0
7. Sebastian Molano (Kolombia), UAE Team Emirates +0
8. Mark Cavendish (Britania Raya), Astana Qazaqstan +0
9. Olav Kooij (Belanda), Jumbo-Visma +0
10. Arnaud Demare (Prancis), Groupama-FDJ +0

General Classification usai 5 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Remco Evenepoel (Belgia), Soudal-QuickStep 16 jam 14 menit 28 detik
2. Luke Plapp (Australia), Ineos Grenadiers +9
3. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +13
4. Stefan de Bod (Afrika Selatan), EF Education-EasyPost +1:03
5. Wout Poels (Belanda), Bahrain Victorious +1:06
6. Harm Vanhoucke (Belgia), Team DSM +1:12
7. Andreas Leknessund (Norwegia), Team DSM +1:12
8. Einer Rubio (Kolombia), Movistar +1:13
9. Georg Steinhauser (Jerman), EF Education-EasyPost +1:13
10. Adam Yates (Britania Raya), UAE Team Emirates +1:14

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 126

Foto: Sprint Cycling Agency


COMMENTS