UAE Tour 2023: Rubio Menang di Etape 3, Evenepoel Melesat ke Puncak GC

Pembalap asal Kolombia Einer Rubio tampil hebat di Etape 3 UAE Tour 2023. Member tim Movistar itu finis pertama di puncak Jebel Jais pada Rabu (22/2) malam waktu Indonesia. Sementara itu, juara dunia 2022 Remco Evenepoel (Soudal-QuickStep) meroket ke puncak General Classification (GC).

Etape 3 merupakan yang terpanjang di UAE Tour tahun ini. Para pembalap berangkat dari Umbrella Beach Al Fujairah. Finisnya di puncak Jebel Jais. Panjang rutenya 185 km. Jebel Jais sendiri merupakan tanjakan ikonik yang selalu dilewati di setiap edisi UAE Tour. Panjangnya 19 km dengan gradien rata-rata 5,6 persen.


Jebel Jais menjadi menu utama di Etape 3 UAE Tour 2023

Einer Rubio mencuri kemenangan usai melarikan diri di Jebel Jais. Ketika balapan tersisa 10 km, Rubio bersama rekannya di tim Movistar, Albert Torres melepaskan diri dari peloton. Ketika Torres mulai tercecer dan tertangkap rombongan besar, Rubio tetap solid di depan. Ia menjadi yang pertama memasuki garis finis. Sendirian.

Rubio menuntaskan tahapan ini dengan catatan waktu 4 jam 51 menit 24 detik. Evenepoel finis kedua dengan selisih 14 detik. Sementara Adam Yates (UAE Team Emirates) berada di tempat ketiga dengan gap 15. "Pada kilometer terakhir saya sempat berpikir mereka akan mengejar. Namun saya masih memiliki kekuatan untuk terus maju," kata Rubio usai finis.

Rubio begitu bahagia atas kemenangannya di Etape 3 UAE Tour 2023. Sebab, ini adalah victory pertamanya dalam tiga tahun dan 244 hari, atau hampir empat tahun. Ia kali terakhir menang di Etape 9 Giro Ciclistico d'Italia 2019 silam. Kemenangan ini sekaligus yang pertama di ajang WorldTour.

"Bagi saya ini sangat spesial untuk karier di balap sepeda. Saya memiliki banyak masalah pada tahun-tahun sebelumnya. Saya tidak memiliki kesempatan untuk mengekspresikan bakat seperti yang saya inginkan. Ini hari ulang tahunku juga. Jadi saya tidak bisa meminta hadiah yang lebih baik," jabar pembalap yang tepat berusia 25 tahun ini.

Remco Evenepoel (Soudal-QuickStep) berhak atas jersey merah usai menduduki puncak GC

Sementara itu, finis kedua cukup untul Evenepoel menggugur Luke Plapp (Ineos Grenadiers) dari puncak GC. Kini pembalap asal Belgia itu berhak mendapatkan jersey merah. Plapp melorot ke tempat kedua dengan selisih tujuh detik. Sementara Pello Bilbao (Bahrain Victorious) di posisi ketiga dengan gap sebelas detik.

Dalam wawancara selepas lomba, Evenepoel sedikit kecewa lantaran gagal menjadi yang tercepat di Etape 3. Padahal ia sudah begitu dekat dengan Rubio. Terpaut 14 detik saja. "Saya sempat berpikir bisa memenangkan etape ini. Tetapi pada akhirnya mendapatkan jersey merah adalah hadiah yang sangat bagus untuk saya dan tim," bilang Evenepoel.

Pemenang La Vuelta a Espana 2022 ini menjelaskan, perjalanan timnya di Etape 3 ini memang tidak sesuai harapan. Flat tyre menjadi masalah sejumlah rekan setimnya. Sehingga tim Soudal-QuickStep tidak bisa menjalankan rencana yang telah disusun. Evenepoel coba mempercepat lajunya di kilomete terakhir. Namun ia tetap gagal meraih kemenangan etape.

Selanjutnya, UAE Tour 2023 kembali menyuguhkan medan flat di Etape 4. Lomba akan dimulai di Al Shindagha. Finisnya di Dubai Harbour. Panjang rutenya 174 km. Tahapan ini akan menjadi santapan empuk bagi para sprinter. (mainsepeda)

Hasil Etape 3 UAE Tour 2023 (Top Ten)
1. Einer Rubio (Kolombia), Movistar 4 jam 51 menit 24 detik
2. Remco Evenepoel (Belgia), Soudal-QuickStep +14
3. Adam Yates (Britania Raya), UAE Team Emirates +15
4. Alexey Lutsenko (Kazakhstan), Astana Qazaqstan +15
5. Lucas Plapp (Australia), Ineos Grenadiers +15
6. Harm Vanhoucke (Belgia), Team DSM +15
7. Thomas Gloag (Britania Raya), Jumbo-Visma +15
8. Andreas Leknessund (Norwegia), Team DSM +15
9. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +15
10. Ben Zwiehoff (Jerman), Bora-Hansgrohe +15

General Classification usai 3 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Remco Evenepoel (Belgia), Soudal-QuickStep 8 jam 27 menit 22 detik
2. Luke Plapp (Australia), Ineos Grenadiers +7
3. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +11
4. Stefan de Bod (Afrika Selatan), EF Education-EasyPost +1:01
5. Wout Poels (Belanda), Bahrain Victorious +1:04
6. Harm Vanhoucke (Belgia), Team DSM +1:10
7. Andreas Leknessund (Norwegia), Team DSM +1:10
8. Einer Rubio (KOlombia), Movistar +1:11
9. Georg Steinhauser (Jerman), EF Education-EasyPost +1:11
10. Adam Yates (Britania Raya), UAE Team Emirates +1:12

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 126

Foto: Getty Images


COMMENTS