Jumat (20/1) ini menjadi hari yang indah untuk Pello Bilbao dan tim Bahrain Victorious secara keseluruhan. Rider asal Spanyol itu finis pertama di Etape 3. Ia mengungguli Simon Yates (Jayco-AlUla) dan Jay Vine (UAE Team Emirates) dalam adu sprint di Campbelltown.

Dibandingkan dua tahapan sebelumnya, Etape 3 memang menempuh jarak yang lebih pendek. Hanya 116,8 kilometer. Akan tetapi, para pembalap harus berhadapan dengan tanjakan Kategori 2 di Ashton Hill. Selain itu, peloton juga harus menaklukkan tanjakan Kategori 1 di Corkscrew.

Etape ini menjadi ajang pertarungan bagi para climber untuk menjadi yang terbaik. Usai menuntaskan tanjakan terakhir di Corkscrew, sekitar lima kilometer menjelang finis, ada tiga pembalap yang berada di posisi terdepan. Mereka adalah Bilbao, Vine, dan Yates.

Mereka beradu cepat cepat dalam downhill sprint sepanjang tiga kilometer Campbelltown. Vine melancarkan di kilometer pemungkas. Tapi ia melambat di 100 meter terakhir. Menyisakan Bilbao dan Yates yang beradu sprint menuju finis. Bilbao menang dengan catatan waktu 2 jam 48 menit 10 detik. Yates dan Vine finis kedua dan ketiga.

"Etape ini memang menjadi target utama tim kami. Ada pendakian singkat dan turunan yang cepat. Saya sedikit kecewa karena gagal menang di etape kemarin. Untuk itu, saya benar-benar fokus untuk memenangkan etape ini," ungkap Bilbao selepas lomba.

Ini adalah kemenangan kedua yang didapatkan Bahrain Victorious di Tour Down Under 2023. Sebelumnya, tim ini merebut kemenangan di Etape 1 lewat Phin Bauhaus.

Hasil Etape 3 membawa Jay Vine (UAE Team Emirates) melesat ke puncak klasemen GC

Hasil Etape 3 sekaligus mengubah komposisi pembalap di General Classification (GC). Vine yang tampil luar biasa dalam pendakian di Corkscrew, mengambil alih posisi puncak di klasemen overall. Bilbao membuntutinya di posisi kedua dengan selisih 15 detik. Sementara Yates berada di ranking ketiga dengan selisih 16 detik.

"Saya suka karena rencana kami berjalan sempurna. Saya tidak bisa melakukan ini tanpa tim saya. Rekan satu tim saya membantu saya sepanjang hari. Saya harus pergi sendirian di pendakian terakhir. Semua pujian untuk mereka. Sebab mereka telah melakukan pekerjaan yang fantastis," ucap Vine.

Selanjutnya, Etape 4 Tour Down Under 2023 akan melalui rute sepanjang 133,2 kilometer. Peloton bertolak dari Port Willunga ke Willunga Township. Alih-alih mendaki Bukit Willunga seperti tahun-tahun sebelumnya, peloton akan melewati McLaren Vale. Etape ini akan berakhir dengan adu sprint di Willunga Township. (mainsepeda)

Hasil Etape 3 Tour Down Under 2023 (Top Ten)
1. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious 2:48:10
2. Simon Yates (Inggris), Jayco-AlUla +0
3. Jay Vine (Australia), UAE Team Emirates +0
4. Michael Matthews (Australia), Jayco-AlUla +28
5. Sven Erik Bystrom (Norwegia), Intermarché-Circus-Wanty +28
6. Natnael Tesfazion (Eritrea), Trek-Segafredo +28
7. Antonio Tiberi (Italia), Trek-Segafredo +28
8. Milan Vader (Belanda), Jumbo-Visma +28
9. Ben O'Connor (Australia), AG2R Citroen +28
10. Ethan Hayter (Inggris), Ineos Grenadiers +28

General Classification usai 3 etape dari 5 etape (Top Ten)
1. Jay Vine (Australia), UAE Team Emirates 10:32:50
2. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +15
3. Simon Yates (Inggris), Jayco-AlUla +16
4. Magnus Sheffield (Amerika Serikat), Ineos Grenadiers +45
5. Mauro Schmid (Swiss), Soudal QuickStep +46
6. Ethan Hayter (Inggris), Ineos Grenadiers +50
7. Sven Erik Bystrom (Norwegia), Intermarché-Circus-Wanty +54
8. Antonio Tiberi (Italia), Trek-Segafredo +58
9. Ben O'Connor (Australia), AG2R Citroen +1:00
10. Gorka Izagirre (Spanyol), Movistar +1:01

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 122

Foto: Getty Images, Cor Vos


COMMENTS