Remco Evenepoel Terpilih Lagi Jadi Sportsman of the Year di Belgia

Remco Evenepoel kembali terpilih sebagai Sportsman of the Year 2022 di negaranya, Belgia. Cyclist the Soudal Quick Step itu pertama kali memenangkan pengharagaan itu pada 2019 lalu. Kemudian dalam dua tahun terakhir, ia “disalip” rekannya, Wout van Aert.

Dalam pemilihan tahun ini, Evenepoel meraih 1065 poin. Ia mengungguli van Aert yang mendapat 617 poin. Posisi ketiga ditempati oleh atlet skating Bart Swings dengan raihan 464 poin. Posisi keempat adalah penjaga gawang Real Madrid Thibaut Courtois dengan 299 poin. Lalu ada Bashir Abdi dengan 298 poin.

Dilansir melalui laman Niewsblad, Evenepoel itu sempat tidak percaya. Sebab, ia juga bersaing dengan Swings, yang menjadi juara Olimpiade Tokyo 2020. “Saya ingin sekali bertemu dengannya untuk mengobrol di sini. Saya berharap di sukses di Kejuaraan Eropa,” ujarnya.

“Saya juga awalnya tidak yakin saya akan menang karena kita tidak pernah tahu apa pengaruh gelar Olimpiade. Ternyata saya bisa meyakinkan juri dengan balapan yang saya menangkan. Saya pasti tidak akan kecewa jika Bart menang. Kami berdua pantas mendapatkan trofi ini,” kata Evenepoel.

Cyclist berusia 22 tahun itu menerima langsung penghargaan itu Kinepolis Antwerp, Belgia pada Jumat malam (6/1) waktu setempat. Beberapa jam sebelum itu, Evenepoel tampil di presentasi Soudal Quick Step di Plopsaland De Panne untuk persiapannya di Giro d’Italia.

Ini merupakan penghargaan ketujuh yang dimenangkan Evenepoel sepanjang 2022. Beberapa di antaranya adalah trofi Flandrien, the Kristallen Fiets, the Vlaams Sportjuweel, the Vlaamse Reus, the National Trophy for Sports Merit and the Vélo d'Or. Raihan itu merupakan hasil kerja keras Evenepoel yang telah memenangkan Liège-Bastogne-Liège, Vuelta a España, dan Kejuaraan Dunia 2022.

“Pengharaan yang paling berkesan adalah Trophy for Sports Merit karena saya hanya bisa memenangkan itu sekali dalam karier saya. Tetapi setiap penghargaan itu selalu istimewa dan memberi saya kesan tersendiri,” lanjut Evenepoel.

Selama empat tahun terakhir, Sportsman of the Year versi Sportspress itu dimenangkan oleh pembalap sepeda. Terakhir kali Sportman of the Year dimenangkan oleh non-cyclist pada edisi 2018. Saat itu pesepak bola Eden Hazard terpilih sebagai pemenang setelah penampilang gemilang pada Piala Dunia 2018.(mainsepeda)


COMMENTS