Konferensi pers Lombok Charity Ride 2023 di Senayan City, Jakarta pada Sabtu sore

Greenfly Cycling Community tak ingin manfaat bersepeda hanya dirasakan sendiri. Mereka ingin kegiatan tersebut juga bisa membantu bagi masyarakat. Kemudian tercetuslah ide gowes amal bertajuk Lombok Charity Ride 2023.

Rencananya, sejumlah anggota Greenfly akan bersepeda sejauh 1500 kilometer. Dimulai dari Jakarta menuju Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB). Upaya ini dilakukan untuk mengumpulkan donasi bagi 1500 guru di Lombok Utara.

"Kami gowes okelah untuk mencari sehat dan dapat teman. Tetapi dampaknya hanya sedikit. Malah sering dikomplain karena arogan dan sebagainya. Ini kesempatan sebagai komunitas untuk memberikan sumbangsih lebih besar kepada masyarakat," ujar Ketua Greenfly CC, Robert Liong.

Dalam acara tersebut Greenfly bekerja sama dengan IOA, sebuah organisasi yang berfokus untuk memberikan pelatihan untuk guru dan kepala sekolah tingkat sekolah dasar di Indonesia. IOA sendiri didirikan sejak 2008 silam.

BACA JUGA: Greenfly CC Rutin Bikin Event Agar Solidaritas Makin Erat

Lombok Charity Ride akan berlangsung selama tujuh hari. Berlangsung pada 3-9 Maret 2023. Start dimulai dari Pantai Indah Kapuk (PIK) di Jakarta Utara. Lalu finis di Desa Adat Suku Sasak di Senaru, Kabupaten Lombok Utara.

Dalam jumpa pers yang berlangsung pada Sabtu, 26 November 2022 di Senayan Park itu, perwakilan cyclist Febrianta Heru mengatakan, ada 26 pesepeda yang siap berpartisipasi. Jumlah ini bahkan melebihi target yang awalnya hanya 20 cyclist.

"Antusias sangat besar. Bahkan ada empat orang lagi yang masuk daftar. Saya kira 30 peserta masih bisa maksimal. Sulit untuk menolak karena mereka datang dengan kemauan sendiri ke event ini," tutur Heru, sapaan akrabnya.

Para cyclist itu akan menggalang dana yang diakomodir oleh platform Ayo Bantu. Masing-masing dari mereka ditargetkan untuk mengumpulkan minimal donasi Rp30 juta. Dengan target awal 20 partisipan, target total adalah Rp600 juta. Seiring dengan peluang penambahan peserta, jumlah donasi akan bertambah lagi.

Donasi tersebut akan digunakan untuk pelatihan guru-guru di Lombok Utara, NTB. Pemilihan lokasi itu juga mempertimbangkan Pulau Lombok yang mengalami gempa bumi dahsyat pada 2018. Bencana tersebut menghancurkan ribuan bangunan termasuk tempat-tempat pendidikan.

Dalam Lombok Charity Ride 2023 nanti, para cyclist akan melewati jalur utara Pulau Jawa. Mereka akan singgah di SD Sembungan Dieng yang merupakan SD tertinggi di Pulau Jawa dan salah satu sekolah binaan IOA. Dilanjutkan ke Semarang, Surabaya, Bali, dan Lombok. (mainsepeda)

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 117

Foto: Ragil Putri Irmalia


COMMENTS