Kediri Bukan Hanya Tahu, Ada Beragam Kuliner Lezat yang Harus Dicicipi

Kediri bukan sekadar tahu. Ada banyak kuliner yang bisa dinikmati di Kediri. Juga untuk dibawa pulang ke daerah asal. Ragam kuliner ini bisa dicicipi para cyclist di ajang Kediri Dholo KOM Challenge 2022 pada 3-4 Desember mendatang.

Selama ini, jika berbicara tentang Kediri, maka tidak akan terlepas dari tahu. Maklum, Kediri memang dikenal sebagai Kota Tahu. Ada berbagai olahan tahu yang dijual. Selain tahu, Kediri ternyata memiliki beragam kuliner lain yang tak kalah lezat.

Salah satunya adalah tiwul goreng yang banyak dijual di sekitar Gunung Wilis. Selain nikmat, harganya juga sangat ramah di kantong. Jika ingin menikmati yang berkuah dan pedas-pedas, Anda bisa menjajal ayam lodho yang juga banyak dijual di Kediri. Soto dan nasi goreng Kediri juga sangat khas. Nasi goreng Kediri menjadi khas karena dimasak dengan arang. Kabupaten Kediri juga punya kuliner yang bisa dibilang sedikit ekstrem, yakni olahan daging bekicot. 

"Untuk minuman, yang tak kalah menarik adalah rosella. Sekarang sudah mendunia. Dulu awalnya dari Kediri. Yang kami kemas dengan baik. Bisa diseduh seperti teh. Daerah penghasil Rosella di Kediri ada di Gunung Wilis," ungkap Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kediri, Adi Suwignyo.

Bagaimana dengan buah tangan, Suwignyo merekomendasikan buah nanas. Menurutnya, nanas Kediri merupakan salah satu yang terbaik di Jawa Timur (Jatim). "Kami memiliki beberapa jenis nanas. Selama ini Kediri menyuplai nanas untuk wilayah Jawa hingga Bali," sebut Suwignyo.

Suwignyo berharap seluruh peserta Kediri Dholo KOM Challenge 2022 menikmati Kediri. Baik sektor kuliner maupun pariwisata. Ia juga berharap event ini makin memperkenalkan Kediri sebagai destinasi gowes ke para cyclist dari seluruh Indonesia.

"Ada banyak kuliner Kediri yang bisa dicicipi peserta Kediri Dholo KOM Challenge 2022. Dijamin rasanya enak dan ramah di kantong," ungkapnya. (mainsepeda)

Penasaran keseruan Kediri Dholo KOM Challenge 2021, ikuti di video highlight di bawah ini:
Hari Pertama


Hari Kedua


Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 116


COMMENTS