Simpang Lima Gumul, salah satu landmark di Kabupaten Kediri

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kediri Adi Suwignyo begitu antusias ketiga membicarakan tentang wisata di daerahnya. Menurutnya, ada banyak destinasi wisata yang dapat dinikmati oleh peserta Kediri Dholo KOM Challenge 2022 nanti.

Kediri Dholo KOM Challenge 2022 digelar pada 3-4 Desember mendatang. Peserta akan gowes dari Surabaya kantor Bupati Kediri pada hari pertama. Lalu gowes dari kantor Bupati Kediri menuju Dholo di lereng Gunung Wilis pada hari kedua. Total jaraknya lebih dari 200 kilometer.

Menurut Suwignyo, sapaan akrabnya, ada begitu banyak objek wisata yang bisa dieksplorasi di Kabupaten Kediri. Terdiri dari beragam jenis. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata religi. Semuanya bisa dinikmati sebelum atau selepas mengikuti event gowes Kediri Dholo KOM Challenge 2022 nanti.

"Ada berbagai wisata alam di Gunung Kelud dan Gunung Wilis. Ada juga Gunung Anjasmoro yang berbatasan langsung dengan Jombang. Semuanya bisa dengan gowes atau kendaranaan lainnya," ucap Suwignyo.

Jika ingin berwisata di sekitar Gunung Kelud, Sempu Exotic Park merupakan salah satu opsi terbaik. Letaknya di Kecamatan Ngancar. Sangat dekat dengan Kelud. Sekitar dua kilometer. Tempat ini terletak di kawasan hutan lindung. Sangat asri karena berada di ketinggian 580 mdpl. Informasi seputar Sempu Exotic Park bisa klik DI SINI.

Desa Keling juga menjadi salah satu opsi tujuan wisata di sekitar Kelud. Tempat ini menawarkan suasana pedesaan di lereng Gunung Kelud. Anda bisa mengunjungi Gua Jegles yang sangat Instagramable. Serta main tubing di Kali Kembangan. Pesona wisata Desa Keling bisa klik DI SINI.

Gronjong Wariti juga juga menjadi salah satu destinasi wisata yang dikomendasikan oleh Suwignyo. Tempat ini merupakan wisata air yang terletak di Desa Mejono, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri. Ada berbagai wahana yang bisa dicoba. Salah satunya menyusuri sungai sepanjang 1 kilometer itu dengan perahu.

Ada juga Desa Wisata Jambu. Yang menawarkan pariwisata berbasis edukasi dan agrowisata. Desa Wisata Jambu kini memiliki enam lokasi wisata dengan puluhan paket edukasi wisata di dalamnya. Bagi yang ingin menginap di sana, ada berbagai opsi homestay yang bisa dipilih. Informasi seputar Dewa Wisata Jambu bisa di klik DI SINI.

Selain itu, Kabupaten Kediri juga memiliki Candi Tegowangi yang terletak di Kecamatan Plemahan. Juga Gereja Pohsarang yang sangat istimewa. Semua destinasi wisata yang luar biasa ini, wajib dikunjungi saat berada di Kabupaten Kediri.

"Kabupaten Kediri tidak hanya wisata alam, tapi juga situs-situs dan kesenian. Kami punya kesenian Jaranan juga. Jadi, ayo berwisata ke Kabupaten Kediri. Jangan lupa ajak sekalian keluarga," ujar Suwignyo. (mainsepeda)

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 115

Foto: 


COMMENTS