Rute Tour de France 2023: Panggung Persaingan Para Climber

Persaingan Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) dan Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) bakal dinantikan di Tour de France 2023

Rute Tour de France 2023 telah dirilis. Balapan paling akbar di dunia tersebut bakal menyajikan lebih banyak etape pegunungan. Dengan mereduksi jumlah lomba time trial. Tour de France 2023 akan dilaksanakan pada 1-23 Juli tahun depan. Grand Depart akan dilangsungkan di Basque Country, Spanyol.

Amaury Sport Organisation (ASO) memperkenalkan rute Tour de France 2023 pada Kamis, 27 Oktober 2022. Perlombaan dimulai pada 1 Juli di Basque Country dan berakhir di Paris pada 23 Juli. Komposisi rute yang tersaji berbeda dengan dua edisi sebelumnya.

Hanya satu tahapan time trial di Tour de France tahun depan. Yakni di Etape 16. Para pembalap melaju dari Passy menuju Combloux. Dengan total jarak 22 kilometer. Berbeda dengan Giro d'Italia 2023 yang menyajikan tiga balapan time trial.

Tour de France 2023 menghadirkan total delapan mountain stage. Dengan empat kali finis di ketinggian. Para pembalap harus menaklukkan tanjakan-tanjakan yang terkenal curam seperti Puy de Dome, Grand Colombier, dan Col de la Loze.

Pekan pertama akan dimulai dari Spanyol. Selama tiga hari para peserta akan mengeksplorasi Basque Country. Mountain Stage pertama akan hadir di Etape 5. Para pembalap harus nanjak Col de Soudet dan Col de Marie Blanque. Col de Soudet berada di elevasi 1.540 meter. Sedangkan Col de Marie Blanque memiliki elevasi 1.035 meter.

Selang sehari, para pembalap kembali berhadapan dengan etape tanjakan. Etape 6 start dari Tarbes menuju Cauterets Cambasque. Peloton harus menaklukkan Col de Tourmalet yang berada di elevasi 2.115 meter. Ini adalah tanjakan sepanjang 17,1 kilometer dengan gradienm rata-rata 7,3 persen.

Puy de Dome menjadi menu utama yang harus ditaklukkan para pembalap di Etape 9

Sebelum memasuki rest day pertama, peloton kembali nanjak di Etape 9. Tahapan ini akan dimulai dari Saint-Léonard -de-Noblat dan finis di puncak Puy de Dome. Panjang rutenya 184 kilometer. Puy de Dome merupakan tanjakan sepanjang 13,3 kilometer dengan gradien 7,7 persen.

Setelah masa istirahat itu, balapan digeber kembali dari Vulcania (St-Ours-les-Roches) menuju Issoire. Minggu kedua Tour de France 2023 akan menghadirkan tiga Mountain Stage. Dimulai dari Etape 13 di mana pembalap akan finis di puncak Grand Colombier. Panjangnya 17,4 kilometer dengan gradien rata-rata 7,1 persen.

Etape 13 akan menantang peserta Tour de France 2023 untuk menaklukkan Grand Colombier

Lalu Etape 14 akan membawa pembalap ke Pegunungan Alpen dengan total elevasi lebih dari 4.200 meter. Ada empat tanjakan yang harus ditaklukkan di tahapan ini, yakni Col de Cou, Col du Feu, Col de la Ramaz, dan Col de Joux Plane. Kemudian mereka kaan finish menuruni bukit di Morzine.

Tak mau kalah dengan tahapan sebelumnya, Etape 15 membawa pembalap mendaki dengan total elevasi 4.300 meter. Ada tiga tanjakan yang harus dituntaskan sebelum finis di puncak Saint-Gervais Mont Blanc. Ini adalah tanjakan sepanjang 7,2 kilometer dengan gradien rata-rata 7,7 persen.

Selanjutnya, pekan ketiga akan dibuka dengan balapan time trial dari Passy menuju Combloux. Panjangnya 22 kilometer. Kemudian para pembalap kembali nanjak di Etape 17. Mereka bertolak dari Saint-Gervais Mont-Blanc, Melalui Col des Saisies, Cormet de Roselend, dan Cote de Longefoy. Lalu nanjak lagi di Col de la Loze di elevasi 2.304 meter sebelum sebelum finish di Couchevel.

Etape 17 menjadi salah satu dari dua mountain stage di pekan pemungkas Tour de France 2023

Setelah itu peloton akan nanjak lagi di Etape 20. Balapan dimulai dari Belfort. Panjang rutenya 133 kilometer. Para pebalap akan menjangkau puncak Ballon d'Alsace. Lalu menaklukkan empat tanjakan lainnya sebelum finis di Le Markstein Fellering. Ini adalah kesempatan terakhir untuk mengubah general classification.

Seperti biasa, Tour de France akan ditutup dengan etape parade. Balapan akan dimulai dari St-Ouentin-en-Yvelines menuju Paris Champs-Élysées. (mainsepeda)

Daftar Etape Tour de France 2023:
1 Juli – Etape 1: Bilbao – Bilbao (Spanyol)
2 Juli – Etape 2: Vitoria-Gasteiz – San Sebastian (Spanyol)
3 Juli – Etape 3: Amorebieta-Etxano (Spanyol) – Bayonne
4 Juli – Etape 4: Dax – Nogaro
5 Juli – Etape 5: Pau – Laruns
6 Juli – Etape 6: Tarbes – Cauterets Cambasque
7 Juli – Etape 7: Mont-de-Marsan – Bordeaux
8 Juli – Etape 8: Libourne – Limoges
9 Juli – Etape 9: Saint-Leonard -de-Noblat – Puy de Dome
10 Juli – Rest Day 1
11 Juli – Etape 10: Vulcania (St-Ours-les-Roches) – Issoire
12 Juli – Etape 11: Clermont-Ferrand – Moulins
13 Juli – Etape 12: Roanne – Chiroubles ou Belleville-en-Beaujolais
14 Juli – Etape 13: Chatillon-sur -Chalaronne – Grand Colombier
15 Juli – Etape 14: Annemasse – Morzine
16 Juli – Etape 15: Les Gets – St-Gervais Mont-Blanc
17 Juli – Rest Day 2
18 Juli – Etape 16: Passy – Combloux (TT)
19 Juli – Etape 17: St-Gervais Mont-Blanc – Courchevel
20 Juli – Etape 18:Moutiers – Bourg-en-Bresse
21 Juli – Etape 19: Moirans-en-Montagne – Poligny
22 Juli – Etape 20: Belfort – Le Markstein
23 Juli – Etape 21: St-Ouentin-en-Yvelines – Paris Champs-Elysees

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 112

Foto: ASO, Getty Images


COMMENTS