Trio Lumajang, yakni Zaenal Fanani, Feri Yudoyono, dan Ihza Muhammad menjadi andalan tim MTB Indonesia di ACC 2022

Tim balap MTB Indonesia berhasil memboyong total lima medali dalam ajang Asian Continental Championships (ACC) 2022. Wakil Merah Putih memang gagal merebut emas. Sebagai gantinya, Zaenal Fanani dan kawan-kawan mendapatkan tiga medali perak dan dua perunggu.

ACC berlangsung di Suncheon, Korea Selatan pada 19-23 Oktober 2022. Gelaran ini melombakan empat nomor di disiplin MTB, yakni downhill (DHI), cross-country olympic (XCO), cross-country eliminator (XCE), dan cross-country relay (XCR).

Pembalap asal Lumajang, Zaenal Fanani membawa pulang dua medali dari ajang ini. Fanani meraih medali perak di nomor Men Elite XCE. Ia finis di di belakang wakil Thailand, Phunsiri Sirimongkhon. Sementara pembalap asal Lumajang lainnya, Ihza Muhammad mendapatkan perunggu.

Tak hanya memberikan satu perak untuk Indonesia, Fanani juga menggondol satu perunggu dari Korea Selatan. Medali itu diperoleh setelah ia finis ketiga di nomor Men Elite XCO. Medali emas diamankan Riki Kitabayashi asal Jepang. Sementara Mino Kim dari Korea Selatan merebut perak.

Adik kandung Fanani, Feri Yudoyono juga membanggakan Indonesia di ACC 2022. Ia mendapatkan medali perak di nomor Men Junior XCO. Satu perak lainnya dipersembahkan oleh Sayu Bella Sukma Dewi dari nomor Women U-23 XCO pada Jumat, 21 Oktober lalu.

Sayang, Indonesia gagal merebut medali di nomor DHI. Meski demikian, sepak terjang Zaenal Fanani dan kawan-kawan dalam ACC 2022 di Korea Selatan, mendapatkan acungan jempol dari kepala pelatih tim balap sepeda Indonesia, Dadang Haries Poernomo.

"Sebelumnya, prestasi balap sepeda hanya untuk disiplin tertentu saja. Sekarang hampir semua disiplin sudah bisa menunjukkan peningkatan prestasi yang luar biasa," sanjung Dadang dilansir Antara. (mainsepeda)

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 112

Foto: PB ISSI


COMMENTS