Le Tour de Langkawi digelar kembali tahun ini. Balapan kategori 2.Pro tersebut menghadirkan delapan etape dengan panjang keseluruhan rute 1.096,9 kilometer. Event ini berlangsung pada 11-18 Oktober 2022. Pembalap Kolombia Ivan Ramiro Sosa (Movistar) berhasil membawa pulang gelar juara overall.

Le Tour de Langkawi 2022 berlangsung semarak. Sebab ada enam tim WorldTour yang berpartisipasi. Keenam tim tersebut adalah UAE Team Emirates, Movistar, Cofidis, EF Education-EasyPost, Lotto-Soudal, dan Astana Qazaqstan.

Para pembalap yang datang pun cukup memiliki nama. Sebut saja rider veteran Thomas de Gendt (Lotto-Soudal), Esteban Chaves (EF Education-EasyPost), Hugh Carthy (EF Education-EasyPost), dan George Bennett (UAE Team Emirates).

Ivan Sosa berhasil mencuri perhatian. Ia menjadi yang terbaik di Le Tour de Langkawi 2022. Mantan pembalap Ineos Grenadiers itu berada di puncak General Classification (GC) usai memenangi Etape 3 di Genting Highlands pada Kamis, 13 Oktober 2022. Kemudian berhasil mempertahankan posisinya hingga Etape 8 pada Selasa, 18 Oktober 2022.

"Saya berterima kasih kepada rekan satu tim dan staf saya atas semua dukungan sepanjang balapan ini. Sejak saya mendapatkan jersey leader pada hari Kamis lalu," kata Sosa selepas balapan dilansir Velonews.

Ini adalah gelar juara overall kedua bagi Sosa pada musim ini. Sebelumnya, pembalap yang sempat tampil di Giro d'Italia 2022 itu, memenangkan Vuelta Asturias Julio Alvarez Mendo. "Kami berhasil menutup musim 2022 ini dengan cara terbaik, setelah musim yang sulit bagi kami semua," ucapnya.

Sementara itu, Etape 8 Le Tour de Langkawi 2022 berhasil dimenangi Alex Molenaar (Team BurgosBH). Rider asal Belanda itu melibas rute datar sepanjang 115,9 kilometer dengan catatan waktu 2 jam 25 menit 37 detik. Inilah kemenangan etape ketiga dalam karier pembalap 23 tahun itu.

"Saya tidak mengharapkan kemenangan, tetapi saya benar-benar senang dengan hasilnya. Ini bagus untuk reputasi saya. Sebab karena saya juga sedang mencari kontrak baru untuk musim depan. Kemenangan ini mungkin akan banyak membantu," bilang Molenaar.

Le Tour de Langkawi 2022 juga diikuti pembalap Asia. Tercatat ada lima tim Continental asal Asia yang tampil. Serta tiga tim nasional, yakni Malaysia, Thailand, dan Filipina. Aiman Cahyadi menjadi pembalap asal Indonesia dengan peringkat terbaik. Ia duduk di posisi 32 dalam klasemen overall. (mainsepeda)

Final General Classification (Top Ten)
1. Ivan Ramiro Sosa (Kolombia), Movistar 25 jam 54 menit
2. Hugh Carthy (Inggris), EF Education-EasyPost +23
3. Torstein Traeen (Norwegia), Uno-X Pro Cycling Team +1:47
4. George Bennett (Selandia Baru), UAE Team Emirates +1:50
5. Einer Rubio (Kolombia), Movistar +2:02
6. Esteban Chaves (Kolombia), EF Education-EasyPost +2:11
7. Eduardo Sepulveda (Argentina), Drone Hopper-Androni Giocattoli     +2:24
8. Ruben Fernandez (Spanyol), Cofidis +2:30
9. Jambaljamts Sainbayar (Mongolia), Terengganu Polygon +2:32
10. Andrey Zeits (Kazakhstan), Astana Qazaqstan +2:33

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 111

Foto: @ltdlangkawi


COMMENTS