Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) mengakhiri WorldTour 2022 dengan manis. Pembalap asal Slovenia tersebut menjuarai Il Lombardia 2022. Mengalahkan rider asal Slovenia, Enric Mas (Movistar) di Como. Inilah gelar kedua Pogacar dalam balapan Monumen pemungkas musim ini tersebut.

Datang sebagai juara bertahan membuat Pogacar menjadi incaran dari para pesaing. Akan tetapi, pemenang Strade Bianche 2022 itu berhasil mempertahankan singgasananya di Il Lombardia 2022. Dia berhasil mengalahkan Mas pada tahun ini.

Il Lombardia 2022 menempuh rute sejauh 253 kilometer. Para pembalap melaju dari Bergamo menuju Como. Pogacar ditempel ketat Mas dalam balapan ini. Pada akhirnya Pogacar berhasil mengalahkan pembalap asal Spanyol itu dalam adu sprint menuju finis.

Pogacar menyelesaikan balapan ini dengan catatan waktu 6 jam 21 menit 22 detik. Mas duduk di posisi kedua. Sementara peringkat ketiga diduduki Mikel Landa (Bahrain Victorious). Rider asal Spanyol ini terpaut sepuluh detik di belakang Pogacar dan Mas.

"Senang rasanya bisa kembali membalap di Il Lombardia dan meraih kemenangan lagi di balapan ini tepat di balapan terakhir musim ini. Saya bahkan tidak bisa mengungkapkan betapa bersyukurnya saya kepada semua rekan satu tim atas dukungan fantastis yang mereka berikan kepada saya hari ini," ungkap Pogacar.

Pogacar mengungkapkan bahwa balapan berlangsung persis seperti yang mereka inginkan. Ia sudah berencana menyerang di Civiglio, dan berhasil melakukannya. Pogacar memberikan acungan jempol kepada Mas. Sebab rider asal Spanyol itu berhasil mengikutinya hingga finis.

"Kami mencoba bekerja sama dan kemudian bersaing untuk meraih kemenangan di sprint. Saya beruntung karena hasil duelnya berbeda dengan Giro dell'Emilia. Saya bisa menang. Ini adalah musim yang hebat bagi saya dan ini berakhir dengan cara terbaik," imbuh Pogacar.

Ini adalah kemenangan ketujuh Pogacar pada musim ini. Pembalap 24 tahun ini mengawali musim 2022 dengan memenangi UAE Tour. Kemudian menjuarai Strade Bianche dan Tirreno–Adriatico. Selain itu, Pogacar menjadi yang terbaik di GP Montreal, Tour of Slovenia, dan Tre Valli Varesine.

Terlepas dari rangkaian kemenangan hebatnya pada musim ini, Pogacar gagal mempertahankan mahkotanya di Tour de France. Ambisinya untuk hat-trick di ajang ini digagalkan Jonas Vingegaard. (mainsepeda)

Hasil Il Lombardia 2022 (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 6 jam 21 menit 22 detik
2. Enric Mas (Spanyol), Movistar +0
3. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +10
4. Sergio Higuita (Kolombia), Bora-Hansgrohe +52
5. Carlos Rodríguez (Spanyol), Ineos Grenadiers +52
6. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +1:24
7. Bauke Mollema (Belanda), Trek-Segafredo +1:24
8. Rudy Molard (Prancis), Groupama-FDJ +1:24
9. Romain Bardet (Prancis), Team DSM +1:24
10. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +1:26

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 110

Foto: Getty Images


COMMENTS