Remco Evenepoel (QuickStep Alpha Vinyl) sukses mempertahankan posisinya di puncak General Classification (GC) hingga berakhirnya pekan kedua La Vuelta a Espana 2022. Sementara itu, Thymen Arensman (Team DSM) menjadi yang terbaik di Etape 15 pada Minggu, 4 September 2022.

Etape 15 merupakan tahapan paling sulit di pekan kedua La Vuelta tahun ini. Total jaraknya tidak panjang. Sekitar 152,6 kilometer. Para pembalap start dari Martos menuju puncak Sierra Nevada. Ini adalah tanjakan Hors Categorie (HC) sepanjang 19,5 kilometer dengan gradien rata-rata 7,9 persen.

Panggung ini memang menjadi ajang adu kuat bagi para climber. Mereka harus mendaki hingga ketinggian 2.512 meter. Inilah tempat finish tertinggi di ketiga Grand Tour. Ketika Marc Soler (UAE Team Emirates) memimpin di sisa sepuluh kilometer, Arensman masih di grup pengejar dengan selisih hampir satu menit.

Pembalap asal Belanda ini mulai melancarkan serangan solo di sisa 8,7 kilometer. Setelah berhasil menyusul Soler, Arensman berusaha melarikan diri di 6,8 kilometer menuju finis. Upayanya membuahkan hasil. Arensman tidak terkejar hingga menjadi yang pertama mencapai garis finis.

Arensman menyelesaikan tahapan ini dengan catatan waktu 4 jam 17 menit 17 detik. Enric Mas (Movistar) dan Miguel Angel Lopez (Astana Qazaqstan) berada di tempat kedua dan ketiga dengan selisih lebih dari satu menit. Sementara Evenepoel finis kesepuluh dengan gap hampir dua menit.

"Ketika saya berakselerasi di tanjakan yang lebih curam, Marc Soler tidak mampu mengejar. Saya pikir semua orang benar-benar dalam batas kekuatannya. Saya mungkin memiliki sesuatu yang tersisa sehingga meraih kemenangan yang sulit dipercaya ini," bilang Arensman.

Ini adalah kemenangan kedua untuk pembalap yang masih berusia 22 tahun itu. Sekaligus kemenangan perdana di level Grand Tour. Sebelumnya, Arensman menang dalam balapan Individual Time Trial (ITT) di Etape 6 Tour de Pologne 2022, Agustus lalu.

"Masih sangat sulit untuk dipercaya bahwa saya menang di Sierra Nevada. Semua orang membicarakan etape ini. Sejujurnya, saya tidak merasa sangat baik, tetapi tampaknya yang lain lebih merasakan rasa lelah kaki mereka," ungkap Arensman usai lomba dilansir Velonews.

Roglic terus menempel Evenepoel di tabel General Classification

Sementara itu, Evenepoel berhasil selamat di Sierra Nevada. Pembalap asal Belgia ini finis kesepuluh. Selisih hampir dua menit di belakang Arensman. Evenepoel masih bertahan di puncak GC. Primoz Roglic (Jumbo-Visma) dan Enric Mas (Movistar) membuntutinya di posisi kedua dan ketiga.

La Vuelta a Espana 2022 akan memasuki rest day kedua pada Senin, 5 September 2022. Balapan akan dimulai lagi pada Selasa, 6 September 2022. Grand Tour pemungkas 2022 ini masih menyisakan tiga mountain stage dan tiga etape flat. (mainsepeda)

Hasil Etape 15 La Vuelta a Espana 2022 (Top Ten)
1. Thymen Arensman (Belanda), Team DSM 4 jam 17 menit 17 detik
2. Enric Mas (Spanyol), Movistar +1:23
3. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Astana Qazaqstan +1:25
4. Jay Vine (Australia), Alpecin-Deceunink +1:30
5. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo Visma +1:44
6. Ben O'Connor (Australia), AG2R Citroen +1:44
7. Juan Ayuso (Spanyol), UAE Team Emirate +1:55
8. Jai Hindley (Australia), Bora-Hansgrohe +1:55
9. Louis Meintjes (Afrika Selatan), Intermarché–Wanty–Gobert Matériaux +1:55
10. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl +1:59

General Classification usai 15 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl 56 jam 40 menit 49 detik
2. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +1:34
3. Enric Mas (Spanyol), Movistar +2:01
4. Juan Ayuso (Spanyol), UAE Team Emirates +4:49
5. Carlos Rodríguez (Spanyol), Ineos Grenadiers +5:16
6. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Astana Qazaqstan +5:24
7. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +7:00
8. Thymen Arensman (Belanda), Team DSM +7:05
9. Ben O’Connor (Australia), AG2R Citroon +8:57
10. Jai Hindley (Australia), Bora-Hansgrohe +11:36

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 106

Foto: Getty Images. Sprint Cycling Agency


COMMENTS