Meintjes Terbaik di Les Praeres, Evenepoel Pertahankan Jersey Merah


Louis Meintjes (Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux) menjadi penguasa Etape 9 La Vuelta a Espana 2022. Ia finis pertama di puncak Les Praeres pada Minggu, 28 Agustus 2022. Sementara Remco Evenepoel (QuickStep Alpha Vinyl) berhasil memperlebar jarak dari para pesaing di General Classification (GC).

Etape 9 merupakan tahapan terakhir di pekan pertama La Vuelta 2022. Para pembalap bertolak dari Villaviciosa menuju Les Praeres dengan total jarak 171,4 kilometer. Les Praeres merupakan tanjakan Kategori 1 sepanjang 3,8 kilometer dengan gradien rata-rata 13 persen.

Meintjes sebenarnya masih tertinggal 30 detik di belakang Samuele Battistella (Astana Qazaqstan) ketika race ini menyisakan lima kilometer. Saat Battistella kesulitan untuk mempertahankan posisinya, Meintjes tancap gas di dua kilometer menjelang finis.

Meintjes berhasil mempertahankan kedudukannya hingga mencapai puncak. Ia menuntaskan etape ini dengan catatan waktu 4 jam 32 menit 39 detik. Battistella dan Edoardo Zambanini (Bahrain Victorious) finis kedua dan ketiga. Dua pembalap asal Italia terpaut lebih dari satu menit dari Meintjes.

Pantas jika Meintjes begitu bahagia dengan kemenangan ini. Sebab ini adalah pencapaian pertama di level WorldTour. Tak hanya itu saja, ini adalah victory perdananya di Grand Tour. "Kemenangan ini begitu istimewa. Sebab saya belum pernah naik podium di WorldTour sebelumnya," ungkap Meintjes.

Kemenangan Meintjes menjadi sejarah baru untuk dunia balap sepeda Afrika Selatan. Sebab, Meintjes adalah pembalap Afrika Selatan pertama yang memenangi etape di La Vuelta a Espana di dua dekade terakhir. Rider Afrika Selatan terakhir yang berjaya di La Vuelta adalah Robert Hunter pada musim 1999 silam.

Sementara itu, Etape 9 menjadi kesempatan Evenepoel untuk meningkatkan gap dengan para pesaing di GC. Pembalap asal Belgia itu bertahan di puncak dan berhak menyandang jersey merah. Ia berhasil memperlebar jarak dari dua pesaing terdekatnya, yakni Enric Mas (Movistar) dan Primoz Roglic (Jumbo-Visma).

Tak ada balapan pada Senin, 29 Agustus 2022. Pembalap akan memasuki masa istirahat. Selanjutnya, balapan digeber lagi pada Selasa, 30 Agustus 2022. Pekan kedua La Vuelta 2022 akan dibuka dengan balapan time trial dari Elche ke Alicante. Panjang rutenya 30,9 kilometer.

"Saya berhasil bertahan di puncak pada akhir pekan ini. Lalu akan ada balapan time trial. Ini adalah tiga hari yang sangat penting yang saya tandai dengan spidol merah untuk La Vuelta ini," ungkapnya. (mainsepeda)

Hasil Etape 9 La Vuelta a Espana 2022 (Top Ten)
1. Louis Meintjes (Afrika Selatan), Intermarché-Wanty-Gobert-Matériaux 4 jam 32 menit 39 detik
2. Samuele Battistella (Italia), Astana Qazaqstan +1:01
3. Edoardo Zambanini (Italia), Bahrain Victorious 1:14
4. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl +1:34
5. Filippo Conca (Italia), Lotto Soudal +1:58
6. Juan Ayuso (Spanyol), UAE Team Emirates +2:08
7. Simon Guglielmi (Prancis), Arkea Samsic +2:08
8. Enric Mas (Spanyol), Movistar +2:18
9. Carlos Rodríguez (Spanyol), Ineos Grenadiers +2:20
10. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +2:26

General Classification usai 9 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl 34 jam 2 menit 32 detik
2. Enric Mas (Spanyol), Movistar +1:12
3. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +1:53
4. Carlos Rodríguez (Spanyol), Ineos Grenadiers +2:33
5. Juan Ayuso (Spanyol), UAE Team Emirates +2:36
6. Simon Yates (Inggris), BikeExchange-Jayco +3:08
7. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +4:32
8. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Astana Qazaqstan +5:03
9. Jai Hindley (Australia), Bora-Hansgrohe +5:36
10. Pavel Sivakov (Prancis), Ineos Grenadiers +5:39

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 106

Foto: Getty Images


COMMENTS