Jumbo-Visma Menang TTT di Utrecht


La Vuelta a Espana 2022 telah dimulai pada Jumat, 19 Agustus 2022 tengah malam waktu Indonesia. Grand Tour pemungkas tahun ini dibuka di Utrecht, Belanda. Etape pertama menyajikan balapan Team Time Trial (TTT).  Para pembalap melaju di lintasan flat sepanjang 23,3 kilometer.

Sebagai tim yang berasal dari Belanda, Jumbo-Visma tidak mau tampil mengecewakan di depan para suporternya. Tim ini digawangi Robert Gesink, Chris Harper, Sepp Kuss, Rohan Dennis, Mike Teunissen, Sam Oomen, Edoardo Affini, serta juara bertahan Primoz Roglic.

Jumbo-Visma tampil sangat solid di etape pembuka ini. Mereka punya Dennis yang dikenal sebagai jagoan time trial sekaligus mantan juara dunia dari Australia. Tidak hanya itu saja, Jumbo-Visma juga memiliki Roglic, peraih medali emas nomor time trial di Olimpiade Tokyo.

Mereka mengambil peran penting atas kemenangan Jumbo-Visma di panggung pertama. Tim kuning-hitam tersebut berhasil mencatat waktu terbaik, yakni 24 menit 40 detik. Mereka mengungguli Ineos Grenadiers dengan selisih 13 detik. Sementara tim QuickStep Alpha Vinyl berada di tempat ketiga dengan gap 14 detik.

"Ini sangat istimewa. Beberapa hari terakhir sudah luar biasa. Tapi hari ini kami mengalami sesuatu yang luar biasa. Begitu banyak orang yang mendukung kami. Sangat memperkuat moral kami. Itu memberi kami kekuatan. Dengan pembalap kuat di tim kami, kami melaju konstan dengan kecepatan rata-rata tinggi," ucap Teunissen.

Menurut Head of Performance Jumbo-Visma Mathieu Heijboer, skenario yang mereka terapkan berjalan dengan baik. Tim berhaisl mempertahankan kecepatan tinggi dari start hingga finis. Dalam catatan Procyclingstats, kecepatan rata-rata tim Jumbo-Visma menyentuh 56,676 km/jam.

"Kami selalu melaju di ambang batas, tapi tidak pernah melewatinya. Kami berhasil dan menciptakan hasil yang hebat dan sesuai yang dihadapkan," bilangnya.

Keberhasilan tim Jumbo-Visma memenangi etape pembuka, membuat kedelapan pembalap mereka mendominasi tabel General Classification (GC). Pembalap veteran asal Belanda, Robert Gesink didapuk mengenakan jersey merah pertama di La Vuelta tahun ini.

"Ini seperti mimpi yang menjadi kenyataan. Saya sangat berterima kasih karena teman-teman membiarkan saya melewati garis finis terlebih dahulu. Kemenangan ini adalah salah satu pencapaian terbaik dalam karier saya. Saya sangat menikmatinya," sebut pembalap 36 tahun tersebut.

Etape 2 La Vuelta 2022 masih berlangsung di Belanda. Peloton akan melaju dari 's-Hertogenbosch menuju Utrecht. Total jaraknya 175,1 kilometer. Rutenya benar-benar flat. Sehingga akan menjadi makanan empuk bagi para pelari cepat. (mainsepeda)

Hasil Etape 1 La Vuelta a Espana 2022 (Top Ten)
1. Jumbo-Visma 24 menit 40 detik
2. Ineos Grenadiers +13
3. QuickStep Alpha Vinyl +14
4. BikeExchange-Jayco +31
5. UAE Team Emirates +33
6. Groupama-FDJ +38
7. Bora-Hansgrohe +41
8. Trek-Segafredo +42
9. Bahrain-Victorious +42
10. Movistar +43

General Classification usai 1 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Robert Gesink (Belanda), Jumbo-Visma +24 menit 40 detik
2. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +0
3. Chris Harper (Australia), Jumbo-Visma +0
4. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +0
5. Rohan Dennis (Australia), Jumbo-Visma +0
6. Edoardo Affini (Italia), Jumbo-Visma +0
7. Sam Oomen (Belanda), Jumbo-Visma +0
8. Mike Teunissen (Belanda), Jumbo-Visma +0
9. Ethan Hayter (Inggris), Ineos Grenadiers +13
10. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +13

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 104

Foto: Jumbo-Visma, Getty Images


COMMENTS