Freedom CC Gowes 250 km untuk Merayakan HUT Indonesia


Freedom Cycling Club (CC) merayakan HUT Republik Indonesia ke-77 dengan bersepeda keliling delapan kota dan kabupaten di Jawa Timur (Jatim). Total jaraknya 250 kilometer. Gowes bertajuk 'Freedom Independence Day 250 km' ini diikuti lebih dari 200 member komunitas ini.

Komunitas yang terbentuk sejak 2010 ini memang rutin menggelar gowes menyambut HUT Republik Indonesia. Sejak 2018 Freedom CC bersepakat untuk gowes sejauh 200 kilometer setiap tanggal 17 Agustus. Namun, agenda tahunan ini terpaksa terhenti karena pandemi Covid-19.

Pada tahun ini Freedom CC menghidupkan kembali rutinitas lama itu. Akan tetapi, total jaraknya tidak lagi 200 kilometer. "Kami tambah sedikit menjadi 250 kilometer," bilang Mahfud Tamwardi 'Ko Fuk', Ketua Freedon CC.

Dasar sudah kangen gowes 17an, peminat 'Freedom Independence Day 250 km' sungguh luar biasa. Terhitung lebih dari 200 anggota mendaftar untuk berpartisipasi. Jarak yang lebih panjang tidak menyurutkan semangat anggota Freedom CC untuk memeriahkan hari jadi Indonesia ini.

Peserta berangkat dari Ciputra World di Jalan Mayjed Sungkono, Surabaya. Mereka berkeliling Kota Pahlawan terlebih dulu. Melalui Jalan Darmo, Embong Malang, lalu ke Jalan Diponegoro dan Jalan Ahmad Yani. Kemudian mereka membelah Sidoarjo. Melintasi Porong sebelum masuk ke wilayah Pasuruan.

Dari sana mereka berhenti di Taman Dayu untuk beristirahat, sarapan, dan mengisi bidon. Kemudian perjalanan berlanjut lagi. Dari Taman Dayu, mereka menjangkau Mojosari via Watukosek. Lalu beristirahat lagi di Waterland Mojokerto. Perjalanan dilanjutkan kembali menuju Jombang untuk makan siang di kota kelahiran Gus Dur itu.

Dari Jombang, rombongan kembali ke Mojokerto. Kemudian melewati Sidoarjo, Driyorejo di Gresik, lalu masuk ke Surabaya via Karangpilang. Setelah itu mereka bergerak ke utara. Melalui Jalan Gunungsari dan finis di Wdnsdy Cafe di Jalan Hayam Wuruk, Surabaya.

"Mayoritas jalannya memang flat. Sebab rute 250 kilometer itu sudah sangat jauh untuk kami. Kalau diberi rute rolling atau nanjak dengan jarak sejauh itu, bisa modyar," canda salah satu anggota Freedom CC, Rizki Noer seraya tertawa.

Peserta 'Freedom Independence Day 250 km' foto bareng di garis finis di Wdnsdy Cafe

Seluruh member yang mengikui gowes 'Freedom Independence Day 250 km' ini diwajibkan mengenakan jersey berwarna oranye. Ini adalah jersey anyar Freedom CC yang baru dirilis pada medio Maret lalu. Selain menggunakan jersey terkini, mereka juga diimbau untuk membawa atribut berwarna merah dan putih.

Tak hanya itu saja, tampilan sepeda pun dibuat kendal dengan nuansa kemerdekaan. Para anggota Freedom CC sudah diinstruksikan untuk membawa lampu dengan sorot warna putih untuk bagian depan. Serta warna merah untuk bagian belakang.

Secara keseluruhan, peserta 'Freedom Independence Day 250 km' melalui delapan kota di Jawa Timur. Selain Kota Surabaya, mereka juga melewati Sidoarjo, Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Gresik, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, dan Jombang.

Sebelumnya, Freedom CC telah menjadikan Surabaya sebagai lautan oranye dalam acara launching jersey baru pada Maret 2022. Mereka membikin heboh karena ada 500 cyclist yang berpartisipasi. Selanjutnya, Freedom CC mulai mempersiapkan event akhir tahun. Jika tidak ada halangan, mereka mungkin ke Bali lagi. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 104

Foto: @chaidar26


COMMENTS