Ackermann Bangkit dari Cedera dan Menang Lagi


Pascal Ackermann (UAE Team Emirates) akhirnya meraih podium di Tour de Pologne 2022. Rider asal Jerman ini finis pertama di Etape 4 Tour de Pologne 2022 pada Selasa, 2 Agustus 2022. Kemenangan ini membayar kegagalan Ackermann di Etape 2 lalu.

Ackermann memulai petualangan barunya bersama UAE Team Emirates. Sebelumnya, sprinter 28 tahun itu menghabiskan lima musim di tim Bora-Hansgrohe. Musim perdananya di UAE Team Emirates dihabiskan dengan turun di one day race. Ia berhasil menjuarai Bredene Koksijde Classic pada pertengahan Maret lalu.

Setelah rehat selama sebulan, mulai akhir Juni, Ackermann berkiprah kembali di Tour de Pologne 2022. Inilah balapan etape kelima yang dilakoninya musim ini. Sekaligus menjadi persiapan terakhir sebelum berlaga di La Vuelta a Espana 2022 yang akan dimulai 19 Agustus nanti.

Ackermann hampir menang di Etape. Akan tetapi, ia dikalahkan Gerben Thijssen (Intermarché–Wanty–Gobert Matériaux) dalam adu sprint di Zamosc. Ackermann membayarnya dengan finis pertama di Etape 4. Ia melibas rute sepanjang 179,4 kilometer, dari Lesko ke Sanok, dengan catatan waktu 4 jam 21 menit 46 detik.

Ackermann menang sprint melawan Jordi Meeus (Bora-Hansgrohe) dan Jonathan Milan (Bahrain Victorious). "Etape ini benar-benar menakjubkan. Ada banyak tanjakan, tapi tidak terlalu curam. Sehingga sempurna untuk saya sendiri," ungkapnya.

Ackermann mengatakan bahwa ia sangat termotivasi untuk memenangi tahapan ini. Ia tidak ingin mengulang kegagalan di Etape 2. Ia berterima kasih kepada Juan Sebastián Molano yang membuka ruang baginya untuk beradu sprint di 200 meter terakhir. 

Rider asal Jerman itu makin girang karena ini adalah kemenangan pertamanya usai pulih dari cedera patah tulang ekor di Paris-Roubaix 2022. "Setelah cedera itu saya akhirnya merasa kembali ke performa terbaik. Kekuatan kaki saya telah kembali. Ini sangat penting untuk balapan berikutnya dan sisa musim ini," ungkapnya.

Sementara itu, Sergio Higuita (Bora-Hansgrohe) belum tergoyahkan di puncak General Classification (GC). Rider asal Kolombia itu terpaut empat detik dari Pello Bilbao (Bahrain Victorious). Sementara Quinten Hermans (Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux) berada di posisi tiga dengan gap enam detik. (mainsepeda)

Hasil Etape 4 Tour de Pologne 2022 (Top Ten)
1. Pascal Ackermann (Jerman), UAE Team Emirates 4 jam 21 menit 46 detik
2. Jordi Meeus (Belgia), BORA-hansgrohe +0
3. Jonathan Milan (Italia), Bahrain Victorious +0
4. Quinten Hermans (Belgia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +0
5. Olav Kooij (Belanda), Jumbo-Visma +0
6. Cristian Scaroni (Italia), Astana Qazaqstan +0
7. Diego Ulissi (Italia), UAE Team Emirates +0
8. Quentin Pacher (Prancis), Groupama-FDJ +0
9. Stanislaw Aniolkowski (Polandia), Tim Nasional Polandia +0
10. Nikias Arndt (Jerman), Team DSM  +0

General Classification usai 4 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Sergio Higuita (Kolombia), Bora-Hansgrohe 19 jam 52 menit 46 detik
2. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +4
3. Quinten Hermans (Belgia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +6
4. Diego Ulissi (Italia), UAE Team Emirates +10
5. Matteo Sobrero (Italia), BikeExchange-Jayco +10
6. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +10
7. Mauro Schmid (Swiss) Quick-Step Alpha Vinyl +10
8. Ethan Hayter (Inggris), Ineos Grenadiers +10
9. Quentin Pacher (Prancis), Groupama-FDJ +10
10. Felix Gall (Austria), AG2R Citroën +10

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 101

Foto: Getty Images


COMMENTS