Van Aert Menang ITT, Vingegaard Juara Baru Tour de France


Sabtu, 23 Juli 2022 menjadi hari yang luar biasa untuk keseluruhan tim Jumbo-Visma. Wout van Aert memenangi balapan Individual Time Trial (ITT) di Etape 20. Serta mengamankan green jersey. Di sisi lain, Jonas Vingegaard dipastikan menjadi juara overall di Tour de France 2022.

Kesempatan Jumbo-Visma untuk menjuarai Tour de France sebenarnya terbuka lebar pada 2020. Akan tetapi, kekalahan Primoz Roglic di balapan ITT di Etape 20 pada saat itu, membuat semua mimpi itu buyar. Roglic dan Jumbo-Visma harus merelakan gelar juara jatuh ke tangan Tadej Pogacar (UAE Team Emirates).

Jumbo-Visma mencoba peruntungannya lagi pada 2021. Roglic kembali dijadikan ujung tombak untuk merebut yellow jersey. Sayang pembalap asal Slovenia itu benar-benar tidak beruntung. Kecelakaan di awal balapan membuatnya harus angkat kaki lebih cepat dari Prancis.

BACA JUGA: Jonas Vingegaard: Suksesor Roglic, Masa Depan Jumbo-Visma

Pada saat itu Pogacar back-to-back juara di Tour de France 2021. Sedangkan Vingegaard menduduki peringkat kedua.

Jumbo-Visma meningkatkan targetnya pada musim ini. Skuad yang terdaftar di Belanda itu berharap meraih dua jersey sekaligus, yakni green jersey dan yellow jersey. Vingegaard naik level menjadi leader. Rider asal Denmark itu berbagi kursi dengan Roglic. Sementara Van Aert ditarget green jersey.

Misi tersebut berhasil dipenuhi. Van Aert menjadi pembalap Jumbo-Visma dengan kemenangan terbanyak di Tour de France tahun ini. Superstar asal Belgia itu telah mengantongi tiga kemenangan etape. Setelah menyegel podium di Etape 4 dan 8. Ia memenangi balapan ITT di Etape 20.

Tahapan ini membawa pembalap menempuh rute sepanjang 40,7 kilometer. Start dari Lacapelle-Marival menuju Rocamadour. Van Aert finis pertama dengan catatan waktu 47 menit 59 detik. Vingegaard di posisi dua dengan gap 19 detik. Pogacar finis ketiga dengan selisih 27 detik.

"Ini luar biasa", kata Van Aert yang tampak emosional setelah kemenangan ketiganya di Tour de France musim ini. "Tiga minggu ini benar-benar spektakuler. Kami bekerja sebagai tim yang kuat. Saya berterima kasih kepada seluruh tim dan seluruh staf dari lubuk hati saya," ungkap Van Aert selepas lomba.

Pembalap serba bisa itu menunggu Vingegaard di garis finis. Kemudian memeluk erat koleganya tersebut setelah setelah melewati garis akhir. "Ini sangat berarti bagi saya. Kami membuat impian itu menjadi kenyataan. Impian yang kami telah kerjakan begitu lama. Saya hidup untuk memenangkan balapan. Jonas dapat membawa kuning ke Paris. Sungguh sangat istimewa menjadi bagian dari tim ini," ucapnya bangga.

Finis kedua di Etape 20 sekaligus memastikan Vingegaard sebagai juara overall di Tour de France tahun ini. Ia sukses menggagalkan ambisi Pogacar untuk hat-trick juara di balapan paling bergengsi di dunia tersebut. Rider 25 tahun itu menjadi pembalap Denmark pertama yang menjuarai Tour France.

"Tim ini sangat kuat dan lapar. Kami sangat terikat satu sama lain dalam tim. Kami selalu merasa bahwa kami sedang mengerjakan sesuatu yang luar biasa. Semua orang sangat senang satu sama lain. Mereka bukan hanya rekan kerja saya, di atas segalanya, mereka teman-teman saya," terang Vingegaard. (mainsepeda)

Hasil Etape 20 Tour de France 2022 (Top Ten)
1. Wout van Aert (Belgia), Jumbo-Visma 47 menit jam 59 detik
2. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +19 detik
3. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +27
4. Geraint Thomas (Wales), Ineos Grenadiers +32
5. Filippo Ganna (Italia), Ineos Grenadiers +42
6. Bauke Mollema (Belanda), Trek-Segafredo +1:22
7. Mattia Cattaneo (Italia), QuickStep-Alpha Vinyl +1:25
8. Fred Wright (Inggris), Bahrain Victorious +1:32
9. Maximilian Schachmann (Jerman), Bora-Hansgrohe +1:37
10. Jan Tratnik (Slovenia), Bahrain Victorious +1:48

General Classification usai 20 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma 76 jam 33 menit 57 detik
2. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +3:34
3. Geraint Thomas (Wales), Ineos Grenadiers +8:13
4. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +13:56
5. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +16:37
6. Nairo Quintana (Kolombia), Arkea-Samsic +17:24
7. Romain Bardet (Prancis), Team DSM +19:02
8. Louis Meintjes (Afrika Selatan), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +19:12
9. Aleksey Lutsenko (Kazakhstan), Astana Qazaqstan +23:47
10. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +25:43

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 100

Foto: Getty Images


COMMENTS