Jonas Vingegaard: Suksesor Roglic, Masa Depan Jumbo-Visma
by - July 18, 2021

Jonas Vingegaard menjalani peran penting di tim Jumbo-Visma di Tour de France 2021. Ia menjadi pemimpin ketika Primoz Roglic harus out karena cedera. Vingegaard membuktikan jika ia adalah gacoan baru untuk tim asal Belanda tersebut.

Tak ada yang melirik Vingegaard sebelumnya. Namanya kalah tenar dari Roglic dan Wout van Aert. Vingegaard sebenarnya tidak masuk dalam skuad untuk Tour de France 2021. Ia dipanggil karena Tom Dumoulin memutuskan cuti sebelum dimulainya musim 2021.

Sebagai debutan Tour de France, Vingegaard bertugas untuk menyukseskan Roglic. Bersama Sepp Kuss, ia diposisikan sebagai super-domestique, pengawal untuk superstar asal Slovenia tersebut.

Cerita berubah setelah Roglic celaka di Etape 3. Rupanya juara La Vuelta a Espana 2019 dan 2020 itu tidak kuasa menahan sakit di sekujur tubuhnya. Roglic memutuskan tidak start sebelum dimulainya Etape 9.

Skuad asal Belanda mengubah rencana dengan menunjuk Vingegaard sebagai ujung tombak untuk bersaing di General Classification (GC). Keputusan yang sangat tepat. Vingegaard keluar sebagai runner-up. Ia mengulang prestasi Roglic di Tour de France tahun lalu.

"Saya tidak pernah berharap menjadi yang runner-up di Tour de France pertama saya. Saya datang ke sini sebagian besar untuk membantu Primoz, meskipun saya mencoba bertahan di GC untuk memiliki beberapa kartu untuk dimainkan," katanya.

"Sayangnya kami kehilangan Primoz dan itu memberi saya kesempatan. Ini benar-benar luar biasa dan saya merasa saya belum mempercayainya," aku pembalap asal Denmark ini.

Vingegaard tergolong pembalap yang komplet. Selain kuat di tanjakan, ia juga sangat tangguh di balapan time trial. Mantan rider tim Continental ColoQuick ini finis ketiga di balapan time trial di Etape 20, Sabtu (17/7) kemarin.

"Minggu kedua adalah titik balik bagi kami di mana kami memenangkan dua etape. Kemudian minggu ketiga ini benar-benar luar biasa bagi kami," imbuhnya.

Lahir di Hillerslev, Denmark, Vingegaard semula menganggap sepeda sebagai pekerjaan paruh waktu. Ia sebelumnya bekerja berjam-jam di sebuah pabrik ikan. Namun olahraga inilah yang mengubah hidupnya. Setelah tiga tahun di ColoQuick, ia direkrut Jumbo-Visma pada 2019.

Vingegaard masih memiliki kontrak hingga akhir musim 2022. Jika melihat performa hebatnya di Tour de France 2021, kontrak baru segera menanti pembalap asal Denmark ini. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 50

Foto: Bettini Photo


COMMENTS