Jatim Tambah Emas dari XCE dan XCR

Imelda Tabita Deswari Putri menjadi salah satu penyumbang emas untuk Jatim di nomor XCR

Dua medali emas diperoleh tim balap sepeda Jawa Timur (Jatim) di hari pertama disiplin sepeda gunung (MTB) di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) 2022 pada Rabu, 20 Juli 2022. Kedua medali emas itu didapatkan di nomor Men Elite Cross-country Eliminator (XCE) dan Cross-country Relay (XCR).

Ihza Muhammad menjadi yang tercepat di nomor XCE. Pembalap asal Lumajang tersebut finis pertama di sirkuit sepanjang 600 meter di Agathis Forest Track, Banyuwangi. Ia mengungguli sesama pembalap Jatim, Renoza Aldi Pratama. Posisi ketiga direbut oleh pembalap Kalimantan Selatan (Kalsel), Rizaldi Ashshadiqqi Ridha.

Peraih medali perunggu di SEA Games 2021 ini menilai persaingan di nomor XCE ini cukup ketat. Selain itu, total jarak yang hanya 600 meter membuatnya harus mengeluarkan power yang besar untuk menjadi yang terbaik. "Alhamdulillah saya bisa menjadi yang terbaik di nomor ini," tutur Ihza.

Sementara itu, medali emas di kategori Women Elite XCE menjadi milik Yunia Angelly Syahdat (Kalsel). Rider asal Kalsel lainnya, Noor Maida Salma berhasil mengamankan tempat kedua. Posisi ketiga diisi pembalap Lampung, Ela Restiyana.

Selanjutnya, Jatim menjadi yang terbaik di nomor XCR. Tim Jatim 1 yang diperkuat Feri Yudoyono, Imelda Tabita Deswari, Dela Anjar Wulan, dan Zaenal Fanani mencatat waktu terbaik dengan 56 menit 28 detik.

"Tadi pembalap ketiga kami (Dela.red) sempat tertinggal sekitar dua menit. Alhamdulillah saya sebagai rider terakhir bisa menyusul dan bisa mempersembahkan medali emas untuk Jawa Timur," ungkap Fanani

Posisi kedua dihuni tim Kalsel 1 yang diperkuat Rizaldi Ash Shadiqqi Ridha, Ramadhana, Noor Maida Salma, dan Yunia Angelly Syahdat dengan 1 jam 43 detik. Tempat ketiga dihuni tim Jatim 2 dengan catatan waktu 1 jam 4 menit 14 detik. Tim Jatim 2 diperkuat Eksabana Amar, Amanatur Rosidah, Elvia Tri Wulandari, dan Elsa Dwi Hertanto. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 99

Foto: Rendra Kurnia


COMMENTS