Van Aert Kalahkan Pogacar di Lausanne


Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) gagal mencatat hat-trick kemenangan etape di Tour de France 2022. Sang juara bertahan gagal mendapatkan podium utama di Etape 8 pada Sabtu, 9 Juli 2022. Pogacar dikalahkan Wout van Aert (Jumbo-Visma) di Lausanne, Swiss.

Dua kali beruntun Pogacar menjadi yang terbaik di Etape 6 dan 7. Dua kali pula ia mengalahkan pembalap andalan Jumbo-Visma, Jonas Vingegaard dan Primoz Roglic. Pogacar hampir menang di Etape 8. Namun, impian itu digagalkan pembalap serba bisa tim Jumbo-Visma, Wout van Aert.

Etape 8 menghadirkan rute sepanjang 186,3 kilometer. Para pembalap start dari Dole menuju Lausanne di Swiss. Peloton harus menaklukkan empat tanjakan Kategori 3 dan 4. Termasuk Cote du Stade Olympique yang menjadi titik finis di etape ini. Itu adalah tanjakan sepanjang 4,9 kilometer dengan gradien rata-rata 4,5 persen.

Berbagai upaya breakaway terjadi di sepuluh kilometer awal. Namun pada akhirnya hanya Frederik Frison (Lotto Soudal), Fred Wright (Bahrain-Victorious), dan Mattia Cattaneo (QuickStep Alpha Vinyl) yang berhasil lolos dari peloton.

Tak berselang lama, sebanyak 14 pembalap terlibat kecelakana di tengah peloton. Pogacar dan Geraint Thomas (Ineos Grenadiers) termasuk di antaranya. Imbasnya, Kevin Vermaerke (Team DSM) harus angkat kaki dari Tour de France 2022 karena cedera bahu akibat insiden tersebut.

Trio pembalap breakaway masih memimpin saat lomba memasuki kawasan Swiss, sekitar 73 kilometer menjelang finis. Kemudian Frison tertangkap peloton di sisa 56 kilometer. Mattia Cattaneo kembali ke rombongan besar di 5,7 kilometer menuju finis. Sedangkan Wright lengser di sisa 3,2 kilometer.

Lomba berakhir dengan uphill sprint. Rafal Majka (UEA Team Emirates) mengiringi Pogacar ke tempat yang pas untuk melaju. Tapi Van Aert yang mengatur sprintnya dengan sempurna, berhasil melewati Pogacar dan Michael Matthews untuk memenangi Etape 8. Ia menuntaskan Etape 8 dengan catatan waktu 4 jam 13 menit 6 detik,

Ini adalah kemenangan kedua Van Aert di Tour de France 2022. Sebelumnya, superstar asal Belgia itu menang di Etape 4. "Ini adalah pendakian yang cukup sulit. Saya harus berjuang untuk melawan Pogacar dengan rekan setimnya," bilang Van Aert sudah lomba.

Kemenangan ini mempertegas posisi Van Aert di puncak points classification. Ia telah mengumpulkan 264 poin. Unggul jauh dari Fabio Jakobsen (QuickStep Alpha Vinyl) yang membuntutinya di peringkat dengan dengan 149 poin. "Hari ini adalah kesempatan besar untuk mengambil poin dan menjaga jarak dari para pesaing," ujarnya.

Meski kalah di Lausanne, Pogacar tetap berada di puncak General Classification (GC) dan berhak atas yellow jersey. Pembalap asal Slovenia itu terpaut 39 detik dari Vingegaard. "Saya mungkin sedikit ragu dan Van Aert melewati saya dengan kecepatan super. Memang sedikit mengecewakan, tapi tempat ketiga masih bagus," kata Pogacar.

Selanjutnya, para pembalap harus menaklukkan mountain stage di Etape 9 pada Minggu, 10 Juli 2022. Tahapan ini menghadirkan rute sepanjang 192,9 kilometer dari Aigle ke Châtel les portes du Soleil. Para pembalap harus melalui dua tanjakan Kategori 1 di Col de la Croix dan Pas de Morgins. (mainsepeda)

Hasil Etape 8 Tour de France 2022 (Top Ten)
1. Wout van Aert (Belgia), Jumbo-Visma 4 jam 13 menit 6 detik
2. Michael Matthews (Australia), BikeExchange–Jayco +0
3. Tadej Pogacar (Slovania), UAE Team Emirates +0
4. Andreas Kron (Denmark), Lotto-Soudal +0
5. Alberto Bettiol (Italia), EF Education Easy-Post +0
6. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +0
7. Benjamin Thomas (Prancis), Cofidis +0
8. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +0
9. Bob Jungels (Luxembourg), AG2R Citroon +0
10. Tom Pidcock (Inggris), Ineos Grenadiers +0

General Classification usai 8 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 28 jam 56 menit 16 detik
2. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +39
3. Geraint Thomas (Wales), Ineos Grenadiers +1:14
4. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +1:22
5. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +1:35
6. Romain Bardet (Prancis), Team DSM +1:36
7. Tom Pidcock (Inggris), Ineos Grenadiers +1:39
8. Neilson Powless (Amerika Serikat), EF Education-EasyPost +1:41
9. Enric Mas (Spanyol), Movistar +1:47
10. Daniel Felipe Martínez (Kolombia), Ineos Grenadiers +1:59

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 97

Foto: Getty Images


COMMENTS