Van Aert Akhirnya Menang Usai Tiga Kali Runner-up

Setelah tiga kali menjadi runner-up, Wout van Aert mendapatkan kemenangan pertamanya di Tour de France 2022. Pembalap tim Jumbo-Visma tersebut finis pertama di Etape 4 pada Selasa, 5 Juli 2022. Kemenangan ini kian memantapkan posisi Van Aert di puncak General Classification (GC).

Pembalap asal Belgia itu secara berturut-turut finis kedua di Etape 1 hingga Etape 3. Van Aert memang merasa kecewa. Akan tetapi, perasaan itu dapat ditekan lantaran ia menduduki puncak klasemen overall dan merebut jersey kuning sejak Etape 3.

Van Aert adalah pembalap yang membawa jersey kuning dari Denmark menuju Prancis. Penantiannya berakhir di Etape 4. Pembalap 27 tahun ini menyelesaikan rute sepanjang 171,5 kilometer, dari Dunkerque menuju Calais, dengan catatan waktu 4 jam 1 menit 36 detik.

"Tujuannya adalah untuk mencapai puncak kilometer terakhir dan melihat apa yang terjadi. Tetapi saya datang sendirian. Saya sempat agak ragu untuk melaju kencang menuju finis atau menunggu Jonas (Vingegaard). Jadi saya memutuskan untuk pergi sendiri," terang Van Aert dilansir Cyclingnews.

Van Aert menuntaskan tahapan ini dengan luar biasa. Ia melakukan solo attack sejak sebelas kilometer menuju finis. Van Aert benar-benar tak terkejar hingga finis pertama di Calais. Jasper Philipsen (Alpecin-Deceuninck) dan Christopher Laporte (Jumbo-Visma) finis kedua dan ketiga dengan gap delapan detik.

Keberhasilan Van Aert dan Laporte finis kesatu dan ketiga, menjadi sinyal positif untuk Jumbo-Visma. Apalagi selain Van Aert, mereka juga mengantarkan Laporte finis ketiga. di tahapan ini. "Saya tidak ingin mengambil risiko lagi. Dengan tancap gas, saya juga menempatkan rekan-rekan saya di posisi yang baik," imbuh Van Aert.

Kemenangan ini membuat Van Aert makin mantap di puncak GC dan mengenakan jersey kuning. Selanjutnya, Etape 5 Tour de France 2022 menempuh total jarak 157 kilometer dari Lille menuju Wallers-Arenberg. Tidak ada tanjakan curam di tahapan ini. Persaingan antar sprinter akan terjadi di kilometer terakhir.

"Ini adalah salah satu kemenangan paling menakjubkan dalam karier saya. Jersey kuning ini memberi saya kekuatan. Menang dengan jersey kuning sangat spesial. Untungnya saya bisa start dengan jersey indah ini lagi di etape berikutnya," tegas Van Aert. (mainsepeda)

Hasil Etape 4 Tour de France 2022 (Top Ten)
1. Wout Van Aert (Belgia), Jumbo-Visma 4 jam 1 menit 36 detik
2. Jasper Philipsen (Belgia), Alpecin-Deceuninck +8
3. Christopher Laporte (Prancis), Jumbo-Visma +8
4. Alexander Kristoff (Norwegia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +8
5. Peter Sagan (Slovakia), TotalEnergies +8
6. Luca Mozzato (Italia), B&B Hotels-KTM +8
7. Danny van Poppel (Belanda), Bora Hansgrohe +8
8. Hugo Hofstetter (Prancis), Arkéa Samsic +8
9. Michael Matthews (Australia), BikeExchange-Jayco +8
10. Benjamin Thomas (Prancis), Cofidis +8

General Classification usai 4 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Wout van Aert (Belgia), Jumbo-Visma 13 jam 2 menit 43 detik
2. Yves Lampaert (Belgia), Quick-Step Alpha Vinyl +25
3. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +32
4. Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo +36
5. Mathieu van der Poel (Belanda), Alpecin-Deceuninck +38
6. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +40
7. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +41
8. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +48
9. Stefan Küng (Swiss), Groupama-FDJ +48
10. Tom Pidcock (Inggris), Ineos Grenadiers +49

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 96

Foto: Getty Images


COMMENTS