Jakobsen Menang, Van Aert Rebut Yellow Jersey


Kepercayaan yang diberikan tim QuickStep Alpha Vinyl untuk Fabio Jakobsen di Tour de France 2022, dibayar lunas oleh sang pembalap. Jakobsen finis pertama di Etape 2 pada Sabtu, 2 Juli 2022. Sementara jersey kuning kini berpindah ke Wout van Aert (Jumbo-Visma).

Jakobsen bersaing dengan pembalap veteran Mark Cavendish untuk menjadi sprinter utama QuickStep Alpha Vinyl di Tour de France 2022. Mereka sama-sama berprestasi. Cavendish meraih jersey hijau di Tour de France 2021. Sementara Jakobsen mendapatkan jersey hijau di La Vuelta a Espana 2021.

QuickStep Alpha Vinyl akhirnya menetapkan Jakobsen sebagai ujung tombak di Tour de France tahun ini. Rider asal Belanda ini ditarget meraih banyak kemenangan etape, khususnya di rute flat. Serta mengamankan jersey hijau. Sebab QuickStep Alpha Vinyl menguasai jersey hijau di Tour de France selama dua musim terakhir.

Untuk merealisasikan target itu, QuickStep Alpha Vinyl menurunkan banyak pembalap tangguh untuk mengawal perjuangan Jakobsen. Sang sprinter mulai mulai menunjukkan tajinya di Etape 2. Ia finis pertama sekaligus mencatat kemenangan perdana di Tour de France.

"Untuk sampai di sini adalah proses yang panjang, di mana saya mengambilnya selangkah demi selangkah. Ada banyak orang membantu saya di sepanjang jalan dan memberi saya dukungan luar biasa," ucap Jakonsen dalam laman resmi QuickStep Alpha Vinyl.

Etape 2 Tour de France 2022 masih berlangsung di Denmark. Peloton melaju di rute sepanjang 202,2 kilometer. Membentang dari Roskilde menuju Nyborg. Medannya cenderung flat. Tahapan ini akan menjadi santapan empuk bagi para sprinter.

Jakobsen menuntaskan tahapan ini dengan catatan waktu 4 jam 34 menit 34 detik. Ia mengungguli supertar tim Jumbo-Visma, Wout van Aert serta mantan juara dinia Mads Pedersen (Trek-Segafredo). Bahkan ia berhasil melampaui Peter Sagan (TotalEnergies) yang finis keenam di tahapan ini.

"Tim melakukan pekerjaan yang hebat. Kami bekerja keras untuk ini, bukan hanya saya sendiri, tetapi juga tim. Memenangi etape Tour de France adalah sesuatu yang telah saya impikan selama 15 tahun, sejak saya mulai bersepeda," aku Fabio yang emosional setelah kemenangan keenamnya di Grand Tour.

Hanya saja QuickStep Alpha Vinyl harus merelakan jersey kuning lepas dari tangan Yves Lampaert. Finis ke-15 membuat pembalap asal Belgia ini melorot ke posisi kedua di General Classification (GC). Kini, simbol pemuncak klasemen overall itu menjadi milik Van Aert.

"Mengenakan jersey ini terasa luar biasa. Saya hampir mendapatkannya berkali-kali, tapi kali ini saya berhasil. Meskipun saya finis kedua di Etape 2 ini, meraih jersey kuning adalah hadiah yang bagus. Saya akan bertahan dan memakai jersey ini dengan bangga," sebut superstar asal Belgia itu.

Selanjutnya, Etape 3 Tour de France 2022 akan start dari Vejle menuju Sonderborg. Total jaraknya 182 kilometer. Seperti Etape 2, tidak banyak tanjakan curam di tahapan ini. Para sprinter akan unjuk gigi untuk menjadi yang tercepat di garis finis. (mainsepeda)

Hasil Etape 2 Tour de France 2022 (Top Ten)
1. Fabio Jakobsen (Belanda), QuickStep Alpha Vinyl 4 jam 34 menit 34 detik
2. Wout van Aert (Belgia), Jumbo-Visma +0
3. Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo +0
4. Danny van Poppel (Belanda), Bora-Hansgrohe +0
5. Jasper Philipsen (Belgia), Alpecin-Deceuninck +0
6. Peter Sagan (Slovakia), TotalEnergies +0
7. Jérémy Lecroq (Prancis), B&B Hotels-KTM +0
8. Dylan Groenewegen (Belanda), BikeExchange-Jayco +0
9. Luca Mozzato (Italia), B&B Hotels-KTM +0
10. Hugo Hofstetter (Prancis) Arkea-Samsic +0

General Classification usai 2 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Wout van Aert (Belgia), Jumbo-Visma 4 jam 49 menit 50 detik
2. Yves Lampaert (Belgia), Quick-Step Alpha Vinyl +1
3. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +8
4. Filippo Ganna (Italia), Ineos Grenadiers +11
5. Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo +12
6. Mathieu van der Poel (Belanda), Alpecin-Deceuninck +14
7. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +16
8. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +17
9. Bauke Mollema (Belanda), Trek-Segafredo +18
10. Dylan Teuns (Belgia), Bahrain Victorious +21

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 95

Foto: Getty Images, ASO


COMMENTS