Kepolisian Republik Indonesia, Pengurus Besar Persatuan Ikatan Sports Sepeda Indonesia (PB ISSI) serta Presisi Khatulistiwa punya gawe besar. Mereka melakukan pemecahan rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) bersepeda beregu dalam waktu 24 jam Jakarta-Semarang pada Sabtu, 25 Juni 2022. 

Kegiatan ini berlangsung dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-76 yang jatuh pada 1 Juli mendatang. Berbagai penggiat sepeda mulai dari kalangan Polri/TNI, komunitas sepeda, hingga atlet balap sepeda nasional turut terlibat dalam kegiatan.

Mereka tergabung dalam empat tim, yakni Arjuna, Garuda, Srikandi, dan Bima. Tim Garuda dan Arjuna gowes sejauh 508km selama 24 jam dengan start di Lapangan Bhayangkara di Jakarta dan finis di Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang.

"Ini menjadi tonggak besar dalam sejarah bersepeda Indonesia. Peserta akan menempuh 508 kilometer beregu dalam 24 jam," ucap Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam keterangan resminya.

Pembalap nasional akan terlibat dalam hal ini. Sebut saja Terry Yudha Kusuma, Bernard Benyamin Van Aert, Deatlon Nur Arif Prayogo, Selamat Juangga, Aiman Cahyadi, Jamalidin Novardianto, serta Ayustina Delia Priatna. Semuanya adalah wakil Indonesia di SEA Games Vietnam. 

Khusus untuk Terry dan Ayustina, mereka baru saja menyabet perak dalam Kejuaraan Asia Balap Sepeda Trek atau Asian Track Cycling Championships (ATCC) 2022 di Indira Gandhi Sport Complex, New Delhi, India, 18-22 Juni.

"Sesuai dengan tajuknya, acara ini untuk memecahkan rekor Muri 508km secara beregu. Tujuannya adalah untuk menampilkan sesuatu yang unik supaya komunitas ini bersemangat meraih dan mencapai sesuatu," kata Parama Nugroho, Sekretaris Jenderal PB ISSI.

Dengan jarak 508km, peserta akan melawati berbagai kota di Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Tengah (Jateng). Mulai dari Kawarang, Indramayu, Subang, Brebes, Pemalang, Pekalongan, Batang, dan Kendal. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 93

Foto: Div Humas Polri


COMMENTS