Gowes ke Sulawesi Utara selalu menawarkan suasana yang berbeda. Soal rute, tidak banyak yang bisa menyamai. Ada laut, ada gunung, ada danau, dan lain sebagainya yang bisa membuat kita takjub. Soal keramahan juga selalu bikin kangen, apalagi soal makanannya!

Full experience di Manado dan sekitarnya itulah yang ditawarkan di Sulut KOM Challenge 2022, yang dijadwalkan berlangsung 23-24 Juli mendatang. Selama dua hari, peserta akan dimanjakan dengan keindahan, keramahan, makanan, dan --tentu saja-- tantangan.

"Teman-teman yang pernah gowes ke Manado pasti rindu dengan semua itu. Rasa dan pengalamannya benar-benar berbeda," kata Azrul Ananda, founder Mainsepeda.com yang dijuluki "kepala sekolah" AA School of Suffering.

Saat ini, teman-teman dari Manado Cycling Mania (MCM) telah membantu menyiapkan pengalaman penuh "batrap" (gowes) di Sulut itu. Dua hari event akan dibagi menjadi dua pengalaman yang sangat berbeda.

Pada hari pertama, rute totalnya memang lumayan, sekitar 122 km. Namun, akan dibagi-bagi dalam banyak segmen. Berhenti di tempat-tempat wisata, tempat-tempat menarik, untuk menikmati suguhan dan kuliner asli kawasan tersebut.

Start dari God Bless Park di Manado, rute awal menuju Papinus Sawangan sekitar 32 km. Istirahat di sana, lalu lanjut lagi hampir 18 km menuju Benteng Moraya. Istirahat lagi, pit stop 3 sekaligus makan siang dilakukan di Danau Linow yang spektakuler. Dari situ turun lagi sekitar 50 km ke garis finis di God Bless Park Manado.

Hari kedua adalah hari menanjak, sekaligus KOM Challenge bagi yang ingin berkompetisi. Start lagi dari God Bless Park, finisnya di Tetetana Hill sejauh 33 km. Start KOM dimulai hanya 9 km dari start. Itu berarti, total KOM segmennya 24 km.

Finishnya adalah satu lokasi finis terindah bersepeda di seluruh Indonesia! Bisa melihat ke berbagai sisi. Ada laut dan Manado Tua, Kota Manado, Gunung Klabat, bahkan bisa melihat sampai Bitung.

"Kami dari MCM sangat senang bisa menemani teman-teman dari seluruh Indonesia untuk bisa menikmati gowes di Bumi Nyiur Melambai yang indah ini," ucap Royke Hendra, senior MCM yang juga road captain Sulut KOM Challenge 2022.

Pendaftaran sudah bisa dilakukan di Mainsepeda.com, dengan berbagai paket dan opsi tersedia. Tempat terbatas, pendaftaran akan dibuka hingga akhir Juni 2022.

"Saya berpartisipasi di Sulut KOM karena tahu Sulawesi Utara memiliki keindahan alam yang luar biasa. Selain itu, saya juga ingin menambah teman sesama pehobi sepeda dari seluruh Indonesia," ucap dr Sonny Rawung, peserta dari Halmahera Utara, Maluku Utara. (mainsepeda)

Penasaran dengan keseruan tantangan Sulut KOM? Ikuti video-video di bawah ini...


Foto: Jovan Mario


COMMENTS