Roglic Juara Criterium du Dauphine 2022


Tim Jumbo-Visma mengakhiri Criterium du Dauphine 2022 dengan keren. Skuad asal Belanda itu finis satu-dua di Etape 8 pada Minggu, 12 Juni 2022. Selain itu, mereka juga finis satu-dua di General Classification (GC), plus mendominasi points classification.

Criterium du Dauphine 2022 merupakan persiapan akhir untuk pembalap Jumbo-Visma yang akan ditampil di Tour de France. Tak mengherankan jika skuad asal Belanda itu menampilkan bintang utama mereka, macam Wout van Aert, Primoz Roglic, Jonas Vingegaard, serta pembalap anyar Christope Laporte.

Dengan materi bintang lima itu, wajar jika Jumbo-Visma menjadi unggulan utama di Dauphine tahun ini. Predikat itu dibuktikan dengan dominasi mereka atas jersey kuning. Setelah berhari-hari dikuasai Van Aert, jersey kuning akhirnya berpindah ke Roglic selepas Etape 7 pada Sabtu, 11 Juni 2022.

Rider asal Slovenia ini berhasil mempertahankan posisinya di puncak klasemen overall hingga etape pemungkas. Etape 8 menempuh total jarak 138,8 kilometer dari Saint-Alban-Leysse menuju Plateau de Salaison. Ada empat tanjakan yang harus dilalui di etape ini. Termasuk Plateau de Salaison, tanjakan Hors Categorie (HC) sepanjang 11,4 kilometer dengan gradien rata-rata 8,9 persen.

Jumbo-Visma menutup tahapan ini dengan keren. Vingegaard dan Roglic begitu dominan dan tak terkejar oleh para pesaing. Bahkan, keduanya melintasi garis finis bersamaan. Vingegaard dinyatakan sebagai pemenang Etape 8 dengan catatan waktu 3 jam 49 menit 20 detik. Roglic finis kedua.

"Kami berencana menyerang dengan Primoz mengikuti saya di belakang. Kami ingin melihat apakah mungkin untuk menyingkirkan semua orang. Ternyata cara itu lebih baik dari yang kami duga. Kami bangga dengan apa yang telah kami tunjukkan di sini sebagai sebuah tim," terang Vingegaard.

Tidak hanya mendominasi di Etape 8, Jumbo-Visma juga menguasai GC. Meski tidak memenangi satu etape pun di Dauphine tahun ini, Roglic kokoh di puncak klasemen overall. Vingegaard berada di peringkat kedua dengan gap 40 detik. Ben O'Connor (AG2R Citroën) finis ketiga.

"Hari yang indah untuk tim kami. Kita semua bisa menikmati ini. Saya senang dengan kemenangan ini. Kami juga datang ke sini untuk mempersiapkan Tour de France. Kami berada di jalur yang benar. Kami memiliki beberapa minggu untuk melakukan sentuhan akhir. Mudah-mudahan, kami masih bisa sedikit meningkat," ucap Roglic.

Selain memenangi Etape 8 dan merebut jersey kuning, Jumbo-Visma mengantarkan Van Aert sebagai pemuncak points classification. Rider asal Belgia itu berhak medapatkan jersey hijau. Hasil manis di Dauphine tahun ini makin membuat Jumbo-Visma percaya diri menatap Tour de France 2022 nanti. (mainsepeda)

Hasil Etape 8 Criterium du Dauphine 2022 (Top Ten)
1. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma 3 jam 49 menit 20 detik
2. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +0
3. Ben O'Connor (Australia), AG2R Citroën +15
4. Esteban Chaves (Kolombia), EF Education-EasyPost +53
5. Ruben Guerreiro (Portugal), EF Education-EasyPost +53
6. Damiano Caruso (Italia), Bahrain Victorious +55
7. Louis Meintjes (Afrika Selatan), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +55
8. Jack Haigh (Australia), Bahrain Victorious +55
9. Steven Kruijswijk (Belanda), Jumbo-Visma +1:20
10. Tobias Halland Johannessen (Norwegia), Uno-X Pro Cycling +1:40

Final General Classification (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 29 jam 11 menit 22 detik
2. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +40
3. Ben O'Connor (Australia), AG2R Citroën +1:41
4. Damiano Caruso (Italia), Bahrain Victorious +2:33
5. Jack Haigh (Australia), Bahrain Victorious +3:13
6. Louis Meintjes (Afrika Selatan), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +3:17
7. Esteban Chaves (Kolombia), EF Education-EasyPost +3:18
8. Tao Geoghegan Hart (Inggris), Ineos Grenadiers +3:44
9. Ruben Guerreiro (Portugal), EF Education-EasyPost +3:48
10. Tobias Halland Johannessen (Norwegia), Uno-X Pro Cycling +3:51

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 89

Foto: Getty Images


COMMENTS