Ferron Menang, Van Aert Tetap Kuning


Etape 6 Criterium du Dauphine 2022 menjadi momen indah bagi Valentin Ferron (TotalEnergies). Pembalap asal Prancis itu mendapatkan podium pertamanya di arena WorldTour. Sementara itu, jersey kuning masih menjadi milik Wout van Aert (Jumbo-Visma).

Tahapan ini merupakan yang terpanjang di Criterium du Dauphine 2022. Pembalap melaju dari Rives menuju Gap dengan total jarak 196,5 kilometer. Terdapat empat tanjakan yang dilalui. Termasuk dua tanjakan Kategori 2 di Col de Rousset dan Col de Cabre.

Setelah upaya breakaway yang gagal dilakukan di awal lomba, sebanyak tujuh pembalap berhasil melepaskan diri dari rombongan besar di 50 kilometer setelah start. Ferron termasuk di dalamnya. Ia bersama Pierre Rolland (B&B Hotels - KTM), Warren Barguil (Arkéa Samsic), Andrea Bagioli (QuickStep Alpha Vinyl), Geoffrey Bouchard (AG2R Citroën), Victor Lafay (Cofidis), dan Bruno Amirail (Groupama-FDJ).

Rombongan terdepan berkurang setelah Amirail tertangkap peloton di sisa 60 kilometer. Sisa enam pembalap itu berhasil mempertahankan posisinya hingga mendekati finis. Ferron menyerang sendirian di sisa 800 meter. Rider asal Prancis itu tak terkejar dan berhasil finis pertama di tahapan ini.

Sementara itu, hasil di Etape 6 tidak berdampak banyak ke sepuluh besar General Classification (GC). Pembalap asal Belgia ini masih berada di puncak GC dan berhak mengenakan jersey kuning. "Tujuan utama dari etape yang sulit ini adalah untuk mempertahankan posisi kami di GC," kata Van Aert seusai balapan.

Criterium du Dauphine 2022 akan memasuki etape tanjakan pada Sabtu, 11 Juni 2022. Pembalap akan start dari Saint-Chaffrey menuju Vaujany di Etape 7. Total jaraknya 134,8 kilometer. Ada dua tanjakan Hors Categorie (HC) yang harus dilalui, yakni Col du Galibier dan Col de la Croix de Fer.

"Dengan dua mountain stage di depan, kami sekarang fokus untuk mempertahankan jersey kuning. Primoz Roglic dan Jonas Vinegaard melewati etape hari ini tanpa masalah. Bagi mereka, dua balapan terdepan adalah final," tegas Van Aert. (mainsepeda)

Hasil Etape 6 Criterium du Dauphine 2022 (Top Ten)
1. Valentin Ferron (Prancis), TotalEnergies 4 jam 22 menit 17 detik
2. Pierre Rolland (Prancis), B&B Hotels - KTM +3
3. Warren Barguil (Prancis), Arkéa Samsic +3
4. Andrea Bagioli (Italia), QuickStep Alpha Vinyl +3
5. Geoffrey Bouchard (Prancis), AG2R Citroën +3
6. Victor Lafay (Prancis), Cofidis +3
7. Edvald Boasson Hagen (Norwegia), TotalEnergies +32
8. Dylan Groenewegen (Belanda), BikeExchange-Jayco +32
9. Matis Louvel (Prancis), Arkéa Samsic +32
10. Jordi Meeus (Belgia), Bora-Hansgrohe +32

General Classification usai 6 etape dari 8 etape (Top Ten)
1. Wout van Aert (Belgia), Jumbo-Visma 21 jam 27 menit 20 detik
2. Mattia Cattaneo (Italia), QuickStep Alpha Vinyl +1:03
3. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +1:06
4. Ethan Hayter (Inggris), Ineos Grenadiers +1:32
5. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +1:36
6. Damiano Caruso (Italia), Bahrain Victorious +1:49
7. Tao Geoghegan Hart (Inggris), Ineos Grenadiers +1:55
8. Matteo Jorgenson (Amerika Serikat), Movistar +2:00
9. Ben O'Connor (Australia), AG2R Citroën +2:10
10. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +2:12

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 89

Foto: Cor Vos, Getty Images


COMMENTS