Ivar Slik Juara Unbound Gravel 2022


Ivar Slik menjadi yang terbaik di kategori paling bergengsi di Unbound Gravel 2022, yakni 200 mil. Pembalap asal Belanda ini mengungguli Keegan Swenson dan Ian Boswell. Sementara itu, Sofia Gomez Villafane menjadi yang pembalap perempuan terbaik di kategori ini.

Kategori 200 mil memang paling bergengsi di event gravel terkondang di dunia itu. Ada banyak pembalap atau mantan pembalap WorldTour yang berpartisipasi. Sebut saja Kiel Reijnen yang pernah membela Trek Segafredo (2016-2021). Ada Ian Boswell yang lama membela Team Sky (Ineos Grenadiers).

Selain itu, ada mantan rekan Reijnen di tim Trek Segafredo, Peter Stetina. Serta Keegan Swenson yang pernah memecahkan rekor Everesting pada 2020 lalu.

Persaingan di kategori 200 mil di Unbound Gravel 2022 sangat sengit. Ada lima rider yang beradu sprint untuk finis terdepan. Slik menjadi yang tercepat. Pembalap 29 tahun itu mengungguli Swenson dan juara bertahan Ian Boswell dengan selisih hanya satu detik saja. Runner-up tahun lalu, Laurens ten Dam finis keempat.

“Saya sangat senang. Unbound Gravel adalah target besar saya tahun ini. Begitu banyak yang mungkin terjadi, Anda hanya perlu sedikit keberuntungan. Saya datang ke sini dalam kondisi terbaik. Sangat keren untuk menyelesaikannya dalam adu sprint," kata Slik dilansir Cyclingnews.

Boswell tidak terlalu kecewa meski gagal mempertahankan gelar juaranya di Unbound Gravel 2022. Rider yang lima kali tampil di Grand Tour itu mengaku lebih bangga dengan performanya tahun ini daripada di Unbound Gravel 2021. Meski pada tahun lalu ia berhasil menjadi pemenang.

"Tahun lalu saya membalap untuk diri sendiri dan itu berjalan mulus. Saya seperti tidak punya masalah. Tak ada lumpur, tidak ada hujan. Tahun ini saya memiliki lebih banyak kesalahan. Ban saya kempis di awal dan beberapa masalah sepeda lainnya. Saya juga jatuh di lumpur," ungkap Boswell.

Sementara itu, Sofia Gomez Villafane menunjukkan performa luar biasa di Unbound Gravel 2022. Dia adalah rider perempuan yang finis pertama kategori 200 mil. Spesialis sepeda gunung (MTB) dan cyclocross ini mencatat waktu 10 jam 27 menit 41 detik. Unggul jauh dari Lauren De Crescenzo dan Emily Newsom yang finis kedua dan ketiga.

Sofia Gomez mendominasi kategori ini. Setelah memimpin di 77 mil setelah start, dia berhasil mempertahankan posisinya hingga finis. Usahanya itu membuahkan hasil. Dia unggul lebih dari sembilan detik dari De Crescenzo. Lalu terpaut lebih dari 22 menit dari Newsom.

"Saya di sini untuk membuktikan satu hal. Saya ingin menunjukkan bahwa pembalap sepeda gunung bisa melaju cepat dan melaju jauh. Ini adalah bukti nyata atas kerja keras yang telah saya lakukan," bilang Sofia Gomez seusai finis di Emporia.

Pembalap asal Argentina itu mengaku bahwa persiapannya menuju Unbound Gravel 2022 tidak ideal. Dia bahkan tidak berlatih di lintasan gravel selama musim semi ini. Meski demikian, Sofia Gomez sangat bersyukur memiliki tim yang mendukungnya.

"Ini adalah hari yang baik. Saya senang karena berhasil finis di bawah sebelas jam," akunya. (mainsepeda)

Hasil Unbound Gravel 2022 (200 Mil)

Laki-laki (Top Five)
1. Ivar Slik 9 jam 22 menit 4 detik
2. Keegan Swenson +1
3. Ian Boswell +1
4. Laurens ten Dam +8
5. Alexey Vermeulen +23

Perempuan (Top Five)
1. Sofia Gomez Villafane 10 jam 27 menit 41 detik
2. Lauren De Crescenzo +9:09
3. Emily Newsom +22:03
4. Whitney Allison +29:43
5. Haley Smith +39:37

BACA JUGA: Update Perjalanan Tim Mainsepeda Menaklukkan Unbound Gravel 2022 

BACA JUGA: Begini Cara Mendapatkan Foto dan Sertifikat Digital Bromo KOM

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 88

Foto: SnowyMountain Photography


COMMENTS