Buah Penantian Lima Tahun Hirt di Giro d'Italia


Jan Hirt (Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux) bukan pembalap kemarin sore di peloton WorldTour. Rider asal Republik Ceko ini bahkan telah berpartisipasi di sembilan Grand Tour sejak 2017. Namun, Hirt harus menunggu selama lima tahun untuk mendapatkan kemenangan di Grand Tour.

Momen itu terjadi di Etape 16 Giro d'Italia 2022 pada Selasa, 24 Mei 2022. Ia naik podium setelah menuntaskan tahapan ini sebagai yang tercepat. "Saya sebenarnya memiliki masalah di tanjakan terakhir saat rantai terlepas. Tapi saya hanya ingin berjuang sampai akhir," ucap Hirt.

Tahapan ini menjangkau Salò hingga Aprica. Panjang rutenya 202 kilometer. Para pembalap harus melintasi tiga tanjakan Kategori 1 di Goletto di Cadino, Passo del Mortitolo, dan Santa Cristina. Inilah mountain stage pertama di pekan penentu Giro 2022.

Hirt naik podium setelah menangkap Thymen Aarensman (Team DSM) di sembilan kilometer terakhir menjelang finis. Kemudian, pembalap 31 tahun itu melakukan solo ride hingga Aprica. Ia menuntaskan tahapan ini dengan catatan waktu 5 jam 40 menit 45 detik.

Inilah kemenangan pertama dari lima kali partisipasinya di Giro. Tak mengherankan jika Hirt cukup emosional atas podium pertamanya di Giro dan Grand Tour ini. "Saya selalu mengatakan bahwa prestasi tertinggi saya adalah jika menang etape di Giro. Lalu saya bisa berhenti setelahnya. Namun kini saya tak mau berhenti," katanya.

Sementara itu, hasil Etape 16 membuat persaingan di General Classification (GC) makin seru. Richard Carapaz (Ineos Grenadiers) bakal tidak dapat tidur nyenyak. Pasalnya, ia hanya berjarak tiga detik dengan Jai Hindley (Bora-Hansgrohe) yang menghuni peringkat kedua di klasemen overall.

"Ini adalah etape yang sulit dan pada akhirnya saya harus mengatakan bahwa saya senang. Saya pikir akan memenangkan sprint untuk tempat ketiga dan mengambil bonus. Tapi Jai Hindley berhasil melakukannya," terang Carapaz dalam laman resmi Ineos Grenadiers.

Selanjutnya, para pembalap masih harus menghadapi mountain stage di Etape 17. Peloton akan start dari Ponte di Legno menuju Lavarone dengan panjang rute 168 kilometer. Dua tanjakan Kategori 1, yakni Valico del Vetriolo dan Monte Rovere adalah menu terberat di tahapan ini. (mainsepeda)

Hasil Etape 16 Giro d'Italia 2022 (Top Ten)
1. Jan Hirt (Rep. Ceko), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux 5 jam 40 menit 45 detik
2. Thymen Aarensman (Belanda), Team DSM +7
3. Jai Hindley (Australia), Bora-Hansgrohe +1:24
4. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +1:24
5. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +1:24
6. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +1:24
7. Lennard Kamna (Jerman), Bora-Hansgrohe +1:38
8. João Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +1:38
9. Vincenzo Nibali (Italia), Astana Qazaqstan +2:06
10. Hugh Carthy (Inggris), EF Education-EasyPost +2:13

General Classification usai 16 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers 68 jam 49 menit 6 detik
2. Jai Hindley (Australia), Bora-Hansgrohe +3
3. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +44
4. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +59
5. Vincenzo Nibali (Italia), Astana Qazaqstan Team +3:40
6. Domenico Pozzovivo (Italia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +3:48
7. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +3:51
8. Emanuel Buchmann  (Jerman), Bora-Hansgrohe +4:45
9. Jan Hirt (Ceko), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +7:42 
10. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +9:04

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 85

Foto: Getty Images


COMMENTS