Cavendish Menang, Van der Poel Bawa Maglia Rosa ke Italia


Mark Cavendish (QuickStep Alpha Vinyl) mengakhiri gelaran Giro d'Italia 2022 di Hungaria dengan kemenangan. Pembalap veteran itu menang sprint di Etape 3, Minggu (8/5). Sementara Mathieu van der Poel (Alpecin-Fenix) masih bertengger di puncak General Classification (GC) dan berhak atas maglia rosa (jersey pink).

Etape 3 merupakan tahapan terakhir Giro 2022 di Hungaria. Para pembalap harus menempuh total jarak 201 kilometer. Membentang dari Kaposvar menuju Balatonfüred. Tahapan ini memang sangat memanjakan para sprinter. Sebab rutennya benar-benar flat.

Seperti biasa, ada peran Michael Morkov (QuickStep Alpha Vinyl) dalam kemenangan Cavendish di tahapan ini. Pembalap asal Denmark inilah yang membuka jalan Cavendish sebelum menyerang di sisa 300 meter. Cavendish mengakhirinya dengan sempurna.

Ia berhasil finis pertama dengan catatan waktu 4 jam 56 menit 39 detik. Cavendish memaksa Arnaud Demare (Groupama-FDJ) dan Fernando Gaviria (UAE Team Emirates) finis di posisi kedua dan ketiga. "Saya bukan yang terkuat dan tercepat. Tapi saya lah pemenangnya," ucap Cavendish selepas lomba.

Hasil di Etape 3 adalah yang kemenangan pertama Cavendish di Giro setelah partisipasi terakhirnya pada 2013 lalu. Juga menjadi kemenangan ke-16 Cavendish di balapan paling akbar di Italia tersebut. Secara keseluruhan, Cavendish mengantongi 53 kemenangan etape di Grand Tour. Terbanyak ketiga setelah Eddy Merckx dan Mario Cipollini.

"Sprint itu seperti bermain catur di atas roda. Anda mencari cara untuk menjadi yang terkuat dan tercepat di jalan," ungkap Cavendish.

Ia juga menyinggung komposisi pembalap tim QuickStep Alpha Vinyl yang dipersiapkan untuk mengawalnya di Giro tahun ini. Selain Morkov yang menjadi tim sukses utamanya di Tour de France 2021, Cavendish ditemani dua pelari cepat lainnya, yakni Davide Ballerini dan Bert Van Lerberghe.

"Memiliki mereka membuat saya penuh percaya diri. Saya memiliki sekelompok orang terbaik di sekitar saya, jadi tidak ada alasan untuk tidak menang," tegas pembalap yang akan berulang tahun ke-37 pada 21 Mei nanti itu.

Kemenangan ini memanaskan persaingan perebutan maglia ciclamino (jersey ungu). Cavendish kini naik ke posisi tiga di points classification. Ia (53 poin) terpaut dua angka dari Biniam Girmay (Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux). Sedangkan Van der Poel masih berada di puncak cengan 62 poin.

Sementara itu, finis di peringkat 17 di Etape 3 cukup untuk memastikan Van der Poel tetap di puncak klasemen overall. Pembalap asal Belanda ini tetap mengenakan maglia rosa. Van der Poel akan membawa jersey pink ke Italia. Sebab Etape 4 baru berlangsung Selasa (10/5) besok.

"Ini adalah akhir pekan yang menyenangkan. Saya sangat menikmatinya dan senang karena bisa membawa jersey pink ke Italia," ungkap pembalap 27 tahun itu. (mainsepeda)

Hasil Etape 3 Giro d'Italia 2022 (Top Ten)
1. Mark Cavendish (Inggris) QuickStep Alpha Vinyl 4 jam 56 menit 39 detik
2. Arnaud Démare (Prancis), Groupama-FDJ +0
3. Fernando Gaviria (Kolombia), UAE Team Emirates +0
4. Biniam Girmay (Eritrea), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +0
5. Jakub Mareczko (Italia), Alpecin-Fenix +0
6. Edward Theuns (Belgia), Trek-Segafredo +0
7. Simone Consonni (Italia), Cofidis +0
8. Caleb Ewan (Australia), Lotto Soudal +0
9. Alberto Dainese (Italia), Team DSM    +0
10. Phil Bauhaus (Jerman), Bahrain Victorious +0

General Classification usai 3 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Mathieu van der Poel (Belanda), Alpecin-Fenix 9 jam 43 menit 50 detik
2. Simon Yates (Inggris), BikeExchange-Jayco +11
3. Tom Dumoulin (Belanda), Jumbo-Visma +16
4. Matteo Sobrero (Italia), BikeExchange-Jayco +24
5. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +24
6. Ben Tulett (Inggris), Ineos Grenadiers +24
7. Tobias Foss (Norwegia), Jumbo-Visma +28
8. Bauke Mollema (Belanda), Trek-Segafredo +28
9. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +29
10. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +29

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 83

Foto: Getty Images


COMMENTS