Dennis Ulang Kisah Pedih Roglic, Vlasov Juara Overall


Rohan Dennis (Jumbo-Visma) harus membayar mahal performa buruknya di Etape 5 Tour de Romandie 2022. Ia kehilangan gelar juara overall usai tampil belepotan dalam lomba individual time trial (ITT) di etape pemungkas. Mahkota juara berhasil dicuri Aleksandr Vlasov (Bora-Hansgrohe).

Balapan ITT di Etape 5 menempuh total jarak 15,84 kilometer. Start dari Aigle menuju Villars. Medannya nanjak hingga elevasi 1.254 meter. Para pembalap harus melakukan uphill time trial di tanjakan yang memiliki gradien rata-rata delapan persen.

Sebagai juara nasional ITT Australia dan mantan juara dunia ITT, Dennis menjadi unggulan pertama di Etape 5. Akan tetapi, time trialist 31 itu tersebut gagal menampilkan performa terbaik. Dennis tercecer di peringkat ke-22. Terpaut lebih dari dua menit dari Vlasov.

"Maaf, saya benar-benar lelah," bilang Dennis selepas lomba dilansir Velonews. "Saya tidak punya apa-apa lagi di paruh terakhir pendakian, dan inilah perlombaan."

Aleksandr Vlasov menyegel gelar juara overall setelah menang di balapan ITT di Etape 5

Pembalap asal Rusia tersebut finis dengan catatan waktu 33 menit 40 detik. Simon Geschke (Cofidis) dan Gino Mäder (Bahrain Victorious) finis kedua dan ketiga dengan selisih lebih dari 30 detik. Kemenangan ini membuat Vlasov naik ke puncak General Classification (GC).

Sebelumnya, Vlasov duduk di peringkat tiga di GC setelah berakhirnya Etape 4. Ia terpaut 18 detik dari Dennis. Namun hasil di Etape 5 mengubah segalanya. Dennis yang menduduki puncak GC selama empat etape, harus terkudeta. Nahasnya, Dennis juga gagal naik podium.

Mantan pembalap Ineos Grenadiers ini terdampar di peringkat delapan di klasemen overall. Terpaut hampir dua menit dari Vlasov. Ia seakan mengulang cerita pedih Primoz Roglic (Jumbo-Visma) di Tour de France 2020. Kala itu Roglic juga gagal juara karena tampil belepotan di balapan ITT.

"Ini adalah minggu yang hebat bersama tim. Saya ingin berterima kasih kepada mereka atas pekerjaan hebat pekan ini. Mereka telah memberi saya semua rasa hormat yang mungkin. Tapi saya tidak bisa menyelesaikannya dengan kemenangan," imbuh Dennis.

Kegagalan ini melengkapi ketidakberuntungan Dennis di Tour de Romandie 2022. Sebelumnya, ia dua kali menjadi runner-up di Prologue dan Etape 1. Selain itu, hasil ini memperpanjang puasa gelar Dennis di arena WorldTour. Ia kali terakhir menang di lomba ITT di Etape 2 Volta Ciclista a Catalunya pada 23 Maret 2021.

Sementara itu, inilah gelar pertama Vlasov di WorldTour. Sekaligus menjadi pemenangan terbesar untuk rider 26 tahun itu. Selanjutnya, juara nasional ITT Rusia ini akan bersiap memperkuat Bora-Hansgrohe di Tour de France 2022 pada Juli nanti.

"Saya merasa baik-baik saja sepanjang musim semi. Ini adalah gelar juara pertama saya di WorldTour. Jadi saya merasa luar biasa," ungkap Vlasov dilansir Sporza. (mainsepeda)

Hasil Etape 5 Tour de Romandie 2022 (Top Ten)
1. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe 33 menit 40 detik.
2. Simon Geschke (Jerman), Cofidis +31
3. Gino Mäder (Swiss), Bahrain Victorious +36
4. Damiano Caruso (Italia), Bahrain Victorious +1:04
5. Steven Kruijswijk (Belanda), Jumbo-Visma +1:05
6. Thibaut Pinot (Prancis), Groupama-FDJ +1:07
7. Rein Taaramäe (Estonia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +1:25
8. Juan Ayuso (Spanyol), UAE Team Emirates +1:25
9. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +1:26
10. Ben O'Connor (Australia), AG2R Citroen +1:40

Final General Classification (Top Ten)
1. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe 18 jam 59 detik
2. Gino Mäder (Swiss), Bahrain Victorious +50
3. Simon Geschke (Jerman), Cofidis +55
4. Juan Ayuso (Spanyol), UAE Team Emirates +1:22
5. Ben O'Connor (Australia), AG2R Citroen +1:47
6. Damiano Caruso (Italia), Bahrain Victorious +1:51
7. Steven Kruijswijk (Belanda), Jumbo-Visma +1:52
8. Rohan Dennis (Australia), Jumbo-Visma +1:54
9. Lucas Plapp (Australia), Ineos Grenadiers +2:08
10. Einer Rubio (Kolombia), Movistar Team +2:13

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 83

Foto: Getty Images


COMMENTS