Higuita Menang, Bora-Hansgrohe Finis Satu-Dua


Momen menarik terjadi di kilometer pemungkas Etape 4 Tour de Romandie 2022. Dua pembalap Bora-Hansgrohe, Sergio Higuita dan Alexsandr Vlasov, saling beradu sprint di Zinal, Sabtu (30/4) malam waktu Indonesia. Higuita menang dan Vlasov finis kedua.

Etape 4 merupakan queen stage (tahapan penentu) di Tour de Romandie 2022. Total jaraknya 180,1 kilometer. Membentang dari Aigle menuju Zinal (Val d'Anniviers). Tahapan ini merupakan yang tersulit karena menghadirkan lima tanjakan Kategori 1 dan satu tanjakan Kategori 2.

Sebanyak 12 pembalap langsung melompat dari rombongan besar saat start. Mereka membentuk grup kecil dan melakukan breakaway. Tanjakan demi tanjakan mereduksi jumlah pembalap di kelompok terdepan. Hingga tersisa lima orang di sisa 25 kilometer.

Komposisi pembalap terdepan makin terkikis ketika akan nanjak di Grimentz. Ini adalah tanjakan sepanjang 6,2 kilometer dengan gradien 7,1 persen. Terletak di 8 kilometer sebelum finis. Setelah seluruh pembalap breakaway tertangkap, giliran Einer Rubio (Movistar) menyerang sendirian.

Sayang, pembalap 24 tahun asal Kolombia itu gagal mengakhiri aksinya dengan kemenangan. Ia tertangkap grup pengejar di 300 meter terakhir. Selanjutnya, Higuita tancap gas di sisa 200 meter. Ia mengalahkan Vlasov dan Juan Ayuso (UAE Team Emirates) di Zinal. Higuita mencatatkan waktu 4 jam 58 menit 52 detik.

"Kemenangan di etape ini sangat berarti karena saya benar-benar menderita. Selama balapan saya merasa tidak enak badan karena alergi. Tetapi di kilometer final, saya menyadari jika lebih kuat dari yang lain. Saya tancap gas di 200 meter terakhir. Saya senang kami akhirnya menang," kata Higuita.

Pembalap 24 tahun ini menambahkan bahwa ia sangat senang beradu sprint dengan Vlasov. Apalagi membuat Bora-Hansgrohe finis satu-dua di etape ini. "Saya hanya berharap Aleks mendapatkan hasil terbaik di klasemen overall nanti," sebut juara nasional Kolombia ini.

Sementara itu, hasil Etape 4 mengubah komposisi pembalap di sepuluh besar General Classification (GC). Meski demikian, Rohan Dennis masih bertengger di puncak. Pembalap asal Australia tersebut terpaut 15 detik dari Juan Ayuso (UAE Team Emirates).

Kini, Dennis tinggal berjuang di balapan Individual Time Trial (ITT) di Etape 5, Minggu (1/5). Lomba dimulai dari Aigle menuju Villars. Total jaraknya 15,84 kilometer. Medannya nanjak hingga elevasi 1254 meter. Para pembalap harus menaklukkan tanjakan sepanjang 10,2 kilometer dengan gradien rata-rata 8 persen.

"Sungguh luar biasa indah melihat bagaimana Rohan bertahan di antara para climber terbaik. Selanjutnya kami akan melakukan segalanya untuk memenangi Tour de Romandie bersama Rohan," ucap Merijn Zeeman, Directeur Sportif Jumbo-Visma dalam laman resmi tim. (mainsepeda)

Hasil Etape 4 Tour de Romandie 2022 (Top Ten)
1. Sergio Higuita (Kolombia), Bora-Hansgrohe 4 jam 58 menit 52 detik
2. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +0
3. Juan Ayuso (Spanyol), UAE Team Emirates +0
4. Ben O'Connor (Australia), AG2R Citroen +0
5. Thibaut Pinot (Prancis), Groupama-FDJ +0
6. Michael Woods (Kanada), Israel-Premier Tech +0
7. Gino Mäder (Swiss), Bahrain Victorious +0
8. Sébastien Reichenbach (Swiss), Groupama-FDJ +0
9. Simon Geschke (Jerman), Cofidis +0
10. Carlos Verona (Spanyol), Movistar +0

General Classification usai 4 etape dari 5 etape (Top Ten)
1. Rohan Dennis (Australia), Jumbo-Visma 17 jam 27 menit 1 detik
2. Juan Ayuso (Spanyol), UAE Team Emirates +15
3. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +18
4. Ben O'Connor (Australia), AG2R Citroen +25
5. Lucas Plapp (Australia), Ineos Grenadiers +30
6. Gino Mäder (Swiss), Bahrain Victorious +32
7. Sébastien Reichenbach (Swiss), Groupama-FDJ +37
8. Neilson Powless (Amerika Serikat), EF Education-EasyPost +41
9. Simon Geschke (Jerman), Cofidis +42
10. Steff Cras (Belgia), Lotto Soudal +45

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 83

Foto: Getty Images


COMMENTS