Teuns Kalahkan Dennis di Romont


Rohan Dennis kembali gagal meraih kemenangan pertamanya di ajang WorldTour musim ini. Setelah kalah di Prologue Tour de Romandie 2022 di Lausanne, Dennis kembali tumbang di Etape 1, Rabu (27/4) malam. Ia dipaksa finis kedua oleh Dylan Teuns (Bahrain Victorious).

Tahapan ini menyuguhkan medan sepanjang 178 kilometer. Membentang dari La Grande Beroche menuju Romont. Empat tanjakan Kategori 3 menjadi santapan utamanya. Lima pembalap langsung melesat ke depan sejak start. Kelima pembalap breakaway ini baru tertangkap di sisa 30 kilometer.

Kemudian peloton mulai mengatur kererta cepatnya di sepuluh kilometer terakhir. Remi Cavagna (QuickStep Alpha Vinyl) menyerang di sisa enam kilometer. Namun ia berhasil diredam di dua kilometer menuju finis. Lalu Dennis mulai berakselerasi. Ia tak sendirian. Ada Teuns yang mengejar.

Sayang, Dennis gagal menuntaskan serangannya dengan kemenangan. Ia kalah uphill sprint dari Teuns di Romont. Dennis kembali dipaksa puas dengan posisi dua. Sebelumnya, ia menjadi runner-up dalam balapan time trial di Prologue Tour de Romandie 2022, Selasa (26/4) malam.

"Saya telah memberikan segalanya. Tetapi saya seperti kehilangantenaga di 100 meter terakhir. Meski demikian, saya senang dengan hasilnya. Tim melakukan pekerjaan bagus di tahapan ini," ucap Dennis dalam laman resmi Jumbo-Visma.

Sementara itu, Teuns girang lantaran berhasil mencuri kemenangan dari tangan Dennis. Inilah kemenangan keduanya di ajang WorldTour pada musim ini. Sebelumnya, pembalap 30 tahun asal Belgia itu menjadi yang terbaik di La Flèche Wallonne 2022.

"Tim melakukan pekerjaan yang bagus dengan membawa saya ke posisi yang bagus di beberapa kilometer terakhir. Saya memulai pendakian menuju finis dengan posisi yang sempurna. Saat 200 meter tersisa, saya masih berpikir untuk runner-up. Tapi di 25 meter terakhir, saya yakin bisa mengejar Rohan," kata Teuns.

Meski dua kali menjadi runner-up, Dennis melesat ke puncak General Classification (GC). Jagoan time trial kelahiran Adelaide itu unggul 16 detik dari Felix Grossschartner (Bora-Hansgrohe). Selanjutnya, Etape 2 akan berlangsung di Échallens. Panjang rutenya 168,2 kilometer. (mainsepeda)

Hasil Etape 1 Tour de Romandie 2022 (Top Ten)
1. Dylan Teuns (Belgia), Bahrain Victorious 4 jam 23 menit 58 detik
2. Rohan Dennis (Australia), Jumbo-Visma +0    
3. Marc Hirschi (Swiss), UAE Team Emirates +2
4. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +2
5. Quinten Hermans (Belgia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +2    
6. Ben O'Connor (Australia), AG2R Citroen +4
7. Damiano Caruso (Italia), Bahrain Victorious +4    
8. Juan Ayuso (Spanyol), UAE Team Emirates +4
9. Steff Cras (Belgia), Lotto Soudal +4
10. Mauro Schmid (Swiss) QuickStep Alpha Vinyl +4

General Classification usai 1 etape dari 5 etape (Top Ten)
1. Rohan Dennis (Australia), Jumbo-Visma 4 jam 29 menit 48 detik
2. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +14
3. Mauro Schmid (Swiss), QuickStep Alpha Vinyl +18
4. Dylan Teuns (Belgia), Bahrain Victorious +18
5. Juan Ayuso (Spanyol), UAE Team Emirates +18    
6. Mikkel Honoré (Denmark), QuickStep Alpha Vinyl +18
7. Patrick Bevin (Selandia Baru), Israel-Premier Tech +20
8. Brandon McNulty (Amerika Serikat), UAE Team Emirates +21
9. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +23
10. Marc Hirschi (Swiss), UAE Team Emirates +24

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 83

Foto: Massimo Fulgenzi/Sprint Cycling Agency


COMMENTS