Dylan Teuns Juara La Flèche Wallonne 2022


Setelah sepuluh tahun dikuasai pembalap asing, gelar juara La Flèche Wallonne akhirnya kembali menjadi milik rider asal Belgia. Dylan Teuns (Bahrain Victorious) menahbiskan diri sebagai pemenang musim 2022 setelah mengalahkan Alejandro Valverde (Movistar) dalam uphill sprint di Mur de Huy.

Philippe Gilbert menjadi pembalap asal Belgia terakhir yang berjaya di La Flèche Wallonne 2011. Kemudian ajang ini didominasi oleh Valverde dan Julian Alaphilippe (QuickStep Alpha Vinyl). Pembalap kawakan asal Spanyol itu mencatat empat kemenangan beruntun mulai 2014 hingga 2017. Sementara Alaphilippe meraih tiga gelar.

La Flèche Wallonne 2022 dikuasai pembalap Belgia lagi. Teuns menyelesaikan balapan sejauh 202,1 kilometer ini dalam waktu 4 jam 42 menit 12 detik. Valverde dan Aleksandr Vlasov (Bora-Hansgrohe) finis kedua dan ketiga dengan selisih dua detik.

"Mungkin tidak selalu pembalap terbaik yang menang di Mur de Huy. Sebab ini adalah pendakian cukup sulit. Hari ini saya memiliki kaki yang kuat. Mungkin yang terkuat hari ini," kata pembalap 30 tahun tersebut selepas balapan.

La Flèche Wallonne 2022 dibuka dengan aksi lima pembalap breakaway di sepuluh kilometer setelah start. Tapi mereka dengan cepat ditangkap oleh rombongan besar. Berikutnya, sepuluh pembalap melepaskan diri dari grup utama. Satu di antaranya adalah Daryl Impey (Israel-Premier Tech).

Setelah mendominasi selama lebih dari 100 kilometer, satu per satu pembalap di grup terdepan mulai tercecer. Sempat tersisa enam orang di 20 kilometer menuju. Lalu semuanya kembali ke peloton. Kemudian Soren Kragh Andersen (Team DSM) dan Mauri Vansevenant (QuickStep Alpha Vinyl) beraksi di sisa tujuh kilometer. Tapi aksi mereka berakhir di 800 meter menuju finis. 

Ketika peloton mulai nanjak di Mur de Huy, Teuns berada di baris terdepan bersama Valverde dan Vlasov. Teuns menaikkan kecepatannya di sisa 300 meter. Valverde coba mengejar. Sayang ia mengendurkan serangan di 50 meter menuju finis. Teuns finis pertama. Valverde dan Vlasov di posisi dua dan tiga.

"Saya tidak merasakan sensasi seperti tahun-tahun sebelumnya ketika saya pikir saya bisa menderita sedikit lebih banyak. Tetapi hari ini saya sudah berada di ambang batas," ungkap Valverde yang akan berulang tahun ke-42 pada 25 April nanti.

Teuns layak merayakan gelar juaranya di La Flèche Wallonne 2022. Sebab ini adalah kemenangan pertamanya pada musim ini. Teuns kali terakhir naik podium di Etape 8 Tour de France 2021 lalu.

"Saya selalu mendambakan juara di balapan klasik. Hari ini akhirnya menjadi kenyataan. Saya tak pernah begitu kuat untuk balapan klasik di musim semi seperti tahun ini. Oleh sebab itu, saya senang dengan kemenangan ini," ungkap Teuns. (mainsepeda)

Hasil La Flèche Wallonne 2022 (Top Ten)
1. Dylan Teuns (Belgia), Bahrain Victorious 4 jam 42 menit 12 detik
2. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +2
3. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +2
4. Julian Alaphilippe (Prancis), QuickStep Alpha Vinyl +5
5. Daniel Martinez (Kolombia), Ineos Grenadiers +7
6. Michael Woods (Kanana), Israel-Premier Tech +7
7. Ruben Guerreiro (Portugal), EF Education-EasyPost +7
8. Rudy Molard (Prancis), Groupama-FDJ +7
9. Warren Barguil (Prancis), Arkea-Samsic +7
10. Alexis Vuillermoz (Prancis), TotalEnergies +7

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 82

Foto: ASO, Getty Images


COMMENTS