Martinez Bikin Alaphilippe Gigit Jari


Kali ini giliran Daniel Martinez (Ineos Grenadiers) yang membuat Julian Alaphilippe (QuickStep Alpha Vinyl) murung. Rider asal Kolombia itu menang sprint atas Alaphilippe di Etape 4 Tour of the Basque Country 2022 pada Kamis (7/4). Ini adalah kemenangan pertamanya di arena WorldTour selama hampir dua tahun.

Tahapan ini berlangsung dari Vitoria-Gasteiz menuju Zamudio. Total panjang rutenya 185,6 kilometer. Balapan dibuka dengan aksi breakaway dari 15 pembalap. Pemenang Tour de France 2018, Geraint Thomas (Ineos Grenadiers) ada di dalam kelompok tersebut.

Akan tetapi dominasi kelompok ini tidak bertahan hingga akhir lomba. Satu per satu mulai tertangkap peloton di sisa 50 kilometer. Hingga tersisa empat pembalap di 40 kilometer menuju finis. Mereka adalah Thomas, Victor Lafay (Cofidis), Ruben Guerreiro (EF Education-EasyPost), dan Bruno Armiraill (Groupama-FDJ).

Dominasi grup terdepan tuntas di sembilan kilometer menjelang finis. Satu per satu tertangkap oleh rombongan besar. Lafay menjadi yang terakhir. Ia baru kembali ke peloton di kilometer pemungkas.

Martinez unggul tipis atas Alaphilippe dalam adu sprint di Zamudio

Sama seperti tahapan sebelumnya, Etape 4 ini berakhir dengan adu sprint. Martinez menuntaskannya dengan sempurna. Ia mengalahkan Alaphilippe di Zamudio. Pembalap 25 tahun ini mencatatkan waktu 4 jam 15 menit 23 detik. Diego Ulissi (UAE Team Emirates) dan Primoz Roglic (Jumbo-Visma) finis ketiga dan keempat.

"Saya berada dalam kelompok yang berisi pembalap-pembalap kuat. Namun saya dalam kondisi luar biasa. Saya melihat ada kans di sisa 200 meter, jadi saya memutuskan untuk melaju menuju finis," terang Martinez selepas balapan.

Ini adalah kemenangan pertamanya di ajang WorldTour selama hampir dua tahun terakhir. Ia kali terakhir naik podium pertama di Etape 13 Tour de France 2020 silam Selain itu, kemenangan ini melambungkan Martinez ke posisi ketiga di General Classification (GC).

Roglic masih bertengger di puncak General Classification setelah Etape 4

Peringkat pertama memang dihuni Roglic. Hanya saja, gap dengan Martinez makin menipis. Hanya sebelas detik saja. Hasil di Etape 4 membuka kesempatan Martinez untuk menjuarai Tour of the Basque Country 2022. Meski demikian, ia tidak mau sesumbar.

"Puncak GC memang sudah dekat. Akan tetapi, masih ada dua etape sulit yang harus kami lalui. Kami berlomba dengan baik. Kami juga memiliki Adam Yates di lima besar GC. Jadi mari kita lihat bagaimana kelanjutannya nanti," bilang Martinez. (mainsepeda)

Hasil Etape 4 Tour of the Basque Country 2022 (Top Ten)
1. Daniel Martinez (Kolombia), Ineos Grenadiers 4 jam 15 menit 23 detik
2. Julian Alaphilippe (Prancis), QuickStep Alpha Vinyl +0
3. Diego Ulissi (Italia), UAE Team Emirates +0
4. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +0
5. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +0
6. Orluis Aular (Venezuela), Caja Rural-Seguros RGA +0
7. Ruben Guerreiro (Portugal), EF Education-EasyPost +0
8. Rudy Molard (Prancis), Groupama-FDJ +0
9. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +0
10. Gianluca Brambilla (Italia), Trek-Segafredo +0

General Classification usai 4 etape dari 6 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 14 jam 5 menit 10 detik
2. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl +5
3. Daniel Martinez (Kolombia), Ineos Grenadiers +11
4. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +14
5. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +18
6. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +19
7. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +19
8. Ion Izagirre (Spanyol), Cofidis +20
9. Julian Alaphilippe (Prancis), QuickStep Alpha Vinyl +28
10. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +28

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 80

Foto: Sprint Cycling Agency, Getty Images


COMMENTS