Bilbao Kandaskan Alaphilippe, Roglic Tetap Kuning


Julian Alaphilippe (QuickStep Alpha Vinyl) nyaris mendapatkan kemenangan kedua di Tour of the Basque Country 2022. Akan tetapi, harapan itu sirna setelah digagalkan Pello Bilbao (Bahrain Victorious). Rider asal Spanyol ini menaklukkan Alaphilippe di Etape 3, Rabu (6/4).

Hari ketiga di Tour of the Basque Country 2022 menghadirkan hilly stage dengan panjang rute 181,7 kilometer. Balapan dibuka dengan pelbagai upaya dari sejumlah pembalap untuk breakaway. Akan tetapi, usaha itu berhasil digagalkan rombongan.

Tiga pembalap akhirnya berhasil melarikan diri di 40 kilometer setelah start. Satu di antaranya adalah Jan Polanc (UAE Team Emirates). Mereka mulai tercecer ketika balapan tersisa 60 kilometer. Menyisakan Cristián Rodriguez (TotalEnergies) sendirian di baris terdepan. Ia memimpin dengan gap lebih dari empat menit dari peloton.

Rodriguez kehilangan dominasinya di sisa 20 kilometer. Ia berhasil ditangkap kelompok pengejar yang berisi 16 pembalap. Bilbao, Alaphilippe, Remco Evenepoel (QuickStep Alpha Vinyl), serta Primoz Roglic (Jumbo-Visma) termasuk di dalamnya.

Tahapan ini berakhir dengan adu sprint di Amurrio. Alaphilippe sebenarnya berada di posisi paling depan. Namun, kemenangannya buyar lantaran ia disalip Bilbao di beberapa meter menjelang finis. Sementara Aleksandr Vlasov (Bora-Hansgrohe) berdiri di tempat ketiga.

"Itu sangat ketat. Ini adalah perasaan yang luar biasa. Sangat bagus untuk menang di sini, di tempat asal saya. Semua kemenangan itu spesial. Akan tetapi, kemenangan di kandang sendiri adalah hal yang sudah lama saya nantikan. Makin berharga karena saya berhasil mengalahkan juara dunia," katanya selepas lomba.

Pembalap 32 tahun ini sangat girang. Ini bukan hanya menjadi kemenangan pertamanya pada musim ini. Lebih dari itu, inilah kemenangan perdana Bilbao selama hampir setahun. Ia kali terakhir naik podium di Etape 4 Tour of the Alps pada 22 April 2021 lalu.

"Saya tahu bahwa Alaphilippe adalah yang terkuat di sprint. Satu-satunya solusi untuk menang adalah mencoba mengalahkannya di meter terakhir. Sprint-nya sedikit menanjak. Mungkin itu memberi saya lebih banyak kesempatan mengalahkan sang juara dunia di garis finis," terang Bilbao.

Roglic masih bertengger di puncak GC dan berhak atas jersey kuning

Hasil Etape 3 memang mengubah komposisi pembalap di sepuluh besar General Classification. Akan tetapi, Roglic masih bertengger di puncak klasemen overall. Selanjutnya, Etape 4 akan dimulai dari Vitoria-Gasteiz menuju Zamudio. Total jaraknya 185,6 kilometer. (mainsepeda)

Hasil Etape 3 Tour of the Basque Country 2022 (Top Ten)
1. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious 4 jam 35 menit 24 detik
2. Julian Alaphilippe (Prancis), QuickStep Alpha Vinyl +0
3. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +0
4. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +0
5. Enric Mas (Spanyol), Movistar +0
6. Pierre Latour (Prancis), TotalEnergies +0
7. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +0
8. Ion Izagirre (Spanyol), Cofidis +0
9. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +0
10. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Education-EasyPost +0

General Classification usai 3 etape dari 6 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 9 jam 49 menit 47 detik
2. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl +5
3. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +14
4. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +18
5. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +19
6. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +19
7. Ion Izagirre (Spanyol), Cofidis +20
8. Daniel Martinez (Kolombia), Ineos Grenadiers +21
9. Pierre Latour (Prancis), TotalEnergies +25
10. Julian Alaphilippe (Prancis), QuickStep Alpha Vinyl +28

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 80

Foto: Sprint Cycling Agency


COMMENTS