Alaphilippe Menang, Roglic Tetap Puncaki GC


Julian Alaphilippe meledak di kilometer terakhir Etape 2 Tour of the Basque Country 2022. Pembalap QuickStep Alpha Vinyl tersebut menang sprint di tahapan ini. Ini adalah kemenangan pertama bagi sang juara dunia 2021 di arena WorldTour musim ini.

Etape ini berlangsung dari Leitza menuju Viana. Panjang rutenya 207,6 kilometer. Para pembalap melalui dua tanjakan Kategori 3 dan satu tanjakan Kategori 2 di Lizarraga. Lizarraga memiliki gradien rata-rata 5,4 persen. Panjangnya 9,6 kilometer.

Empat pembalap asal Spanyol, yakni Julen Amezqueta (Caja Rural), Ander Okamika (Burgos-BH), Ibai Azurmendi (Euskaltel-Euskadi), dan Ibon Ruiz (Equipo Kern Pharma) tancap gas sejak start. Keempat pembalap breakaway ini nyaris tak terkejar sepanjang lomba.

Ruiz mulai meningkatkan kecepatan di sisa 13 kilometer. Ia sendirian di depan ketika tiga pembalap breakaway lainnya tertangkap peloton di sisa dua kilometer. Sayang, harapan Ruiz untuk menjuarai tahapan ini ambyar di sisa 500 meter. Ia akhirnya tertangkap rombongan besar.

Etape ini pun berakhir dengan adu sprint. Kali ini Alaphilippe menjadi pemenangnya. Pembalap Prancis tersebut mencatatkan waktu 5 jam 4 menit 35 detik. Fabien Doubey (TotalEnergies) dan Quinten Hermans (Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux) finis kedua dan ketiga.

"Remco (Evenepoel) melakukan pekerjaan yang bagus untuk mengatur saya berada di posisi terbaik saat sprint. Berkat pekerjaannya, saya berhasil finis pertama," kata pembalap 29 tahun.

Ini adalah kemenangan pertamanya di WorldTour setelah menyandang status juara dunia 2021. Tidak heran jika Alaphilippe tampak sangat girang. "Tujuan saya di sini adalah untuk meraih kemenangan. Sekarang setelah saya melakukannya. Saya akan mencoba membalas budi Remco dan membantunya di etape selanjutnya," imbuhnya.

Primoz Roglic belum tergoyahkan di puncak General Classification

Sementara itu, hasil Etape 2 tidak cukup untuk menggusur posisi Primoz Roglic di puncak General Classification (GC). Juara tiga edisi terakhir La Vuelta a Espana tersebut tetap di peringkat pertama dengan selisih lima detik atas Evenepoel.

"Ini mungkin etape termudah minggu ini. Selanjutnya kami akan menghadapi etape yang sulit dengan tanjakan yang pendek dan curam. Kami harus sangat fokus dan saya akan memberikan segalanya untuk bersaing dengan yang terbaik," tegas pembalap asal Slovenia itu ini.

Selanjutnya, Etape 3 akan menyuguhkan rute sepanjang 181,7 kilometer. Para pembalap akan melaju dari Llodio menuju Amurrio. (mainsepeda)

Hasil Etape 2 Tour of the Basque Country 2022 (Top Ten)
1. Julian Alaphilippe (Prancis), QuickStep Alpha Vinyl 5 jam 4 menit 35 detik
2. Fabien Doubey (Prancis), TotalEnergies +0
3. Quinten Hermans (Belgia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +0
4. Hugo Houle (Kanada), Israel-Premier Tech +0
5. Orluis Aular (Venezuela), Caja Rural-Seguros RGA +0
6. Gotzon Martin (Spanyol), Euskaltel-Euskadi +0
7. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +0
8. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +0
9. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl +0
10. Maxim Van Gils (Belgia), Lotto Soudal +0

General Classification usai 2 etape dari 6 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 5 jam 14 menit 23 detik
2. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl +5
3. Rémi Cavagna (Prancis), Quick-Step Alpha Vinyl +16
4. Geraint Thomas (Inggris), Ineos Grenadiers +18
5. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +18
6. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +18
7. Bruno Armirail (Prancis), Groupama-FDJ +20
8. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +20
9. Ben Tulett (Inggris), Ineos Grenadiers +21
10. Daniel Martinez (Kolombia), Ineos Grenadiers +21

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 79

Foto: Sprint Cycling Agency


COMMENTS