Van der Poel Juara Dwars door Vlaanderen 2022


Mathieu van der Poel (Alpecin-Fenix) menang lagi. Pembalap asal Belanda ini menjadi yang tercepat di Dwars door Vlaanderen 2022. Ini adalah kemenangan pertamanya di arena WorldTour pada musim 2022. Sekaligus ajang pembuktian jika Van der Poel sudah bebas dari cedera punggung.

Balapan ini berlangsung Rabu (30/3). Pembalap melaju di rute sepanjang 183,7 kilometer dari Roeselare menuju Waregem. Dwars door Vlaanderen 2022 melalui medan cobblestone yang tersebar di lima sektor. Sekaligus ajang pemanasan menuju Tour of Flanders pada akhir pekan ini.

Sejumlah nama top tampil di Dwars door Vlaanderen tahun ini. Selain Van der Poel, Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) juga turun di event ini. Rider asal Slovenia tersebut menjadikan balapan ini sebagai ajang perkenalan medan sebelum turun di Tour of Flanders.

Balapan dibuka dengan aksi breakaway lima pembalap. Van der Poel tidak tinggal dia. Ia berusaha mengejar grup terdepan. Pembalap asal Belanda ini tidak beraksi sendirian. Tiesj Benoot (Jumbo-Visma), Tom Pidcock (Ineos Grenadiers), Stefan Küng (Groupama-FDJ), dan Victor Campenaerts (Lotto Soudal) juga mengikuti jejaknya.

Kelompok Van der Poel berhasil menangkap rombongan breakaway di sisa 50 kilometer. Lalu mereka bersama-sama menuju garis akhir. Mereka tidak tersentuh hingga sepuluh kilometer menuju finis. Van der Poel menyerang lagi di sisa dua kilometer. Kali ini ia dibuntuti Benoot.

Sayang Benoot tidak mampu bersaing dengan Van der Poel meski sempat beradu sprint di kilometer terakhir. Van der Poel menuntaskan balapan ini dengan catatan waktu 4 jam 5 menit 39 detik. Benoot dan Pidcock finis kedua dan ketiga. Sedangkan Pogacar berada di posisi kesepuluh.

"Saya merasa baik, namun saya bukan yang terkuat di grup terdepan. Saya harus menutup jarak beberapa kali dan itu sangat menyakitkan. Tapi saya pikir bisa melaju kilometer final yang sempurna. Saya melihat bahwa Tiesj bermain bagus. Ia sangat kuat dan layak menjadi yang kedua," katanya.

Kemenangan ini begitu ditunggu-tunggu oleh Van der Poel. Sebab inilah victory perdana di arena WorldTour pada musim ini. Juga menjadi sinyal bahwa ia benar-benar sembuh dari cedera punggung. Masalah itu telah menghantuinya selama lebih dari setahun terakhir itu.

Van der Poel sempat dinyatakan sembuh dari cedera punggung pada akhir 2021. Hanya saja, masalah ini kembali muncul ketika ia tampil di balapan cyclocross. Membuat Van der Poel harus menjalani perawatan lagi. Agenda balapnya pada awal musim 2022 pun berubah. Ia baru start di Milan-San Remo pada 19 Maret lalu.

Kemenangan di Dwars door Vlaanderen 2022 diyakini bakal mengangkat semangat Van der Poel. Selanjutnya ia akan tampil di Tour Flanders pada Minggu (3/4). Lalu pembalap 27 tahun itu akan start di Amstel Gold Race dan Paris-Roubaix. Van der Poel dijadwalkan tampil di Giro d'Italia dan Tour de France pada musim ini. (mainsepeda)

Hasil Dwars door Vlaanderen 2022 (Top Ten)
1. Mathieu van der Poel (Belanda), Alpecin-Fenix 4 jam 5 menit 39 detik
2. Tiesj Benoot (Belanda), Jumbo-Visma +1
3. Tom Pidcock (Inggris), Ineos Grenadiers +5
4. Victor Campenaerts (Belgia), Lotto Soudal +5
5. Nils Politt (Jerman), Bora-Hansgrohe +5
6. Stefan Küng (Swiss), Groupama-FDJ +5
7. Kelland O’Brien (Australia), BikeExchange-Jayco +5
8. Ben Turner (Inggris), Ineos Grenadiers +12
9. Jan Tratnik (Slovenia), Bahrain Victorious +2:08
10. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +2:08

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 79

Foto: Getty Images, Sprint Cycling Agency


COMMENTS