Bernal Kian Bugar, Sudah Gowes di Jalan Raya lagi


Egan Bernal menunjukkan progres luar biasa. Pembalap Ineos Grenadiers tersebut mulai gowes di jalan raya, dua bulan selepas kecelakaan fatal di Kolombia. Bernal mengungkapkannya melalui unggahan di laman media sosial miliknya.

Kecelakaan Bernal pada 24 Januari 2022 sungguh fatal. Ketika sedang berlatih menggunakan sepeda time trial, Bernal menabrak bus yang berhenti di halte untuk menurunkan penumpang. Bernal langsung dilarikan ke rumah sakit. Serangkaian operasi dilakukan untuk memperbaiki kerusakan di tubuhnya.

Bernal menjalani terapi di rumah setelah menghabiskan beberapa minggu perawatan di rumah sakit. Progresnya cukup cepat. Dimulai dengan berjalan menggunakan bantuan alat dan bersepeda statis di indoor. Kini ia mulai bersepeda di jalan raya.

"Setelah dua bulan dan 20 tulang yang payah, inilah kondisi saya saat ini. Saya ingin lebih," ungkap pembalap 25 tahun tersebut.

Bernal sudah bertekad untuk kembali dari masa rehabilitasi secepat mungkin. Meski, hingga saat ini tidak ada yang bisa memprediksi kapan ia bisa balapan lagi di level tertinggi. Pelatihnya, Xabier Arttexte pernah berujar bahwa juara Tour de France 2019 itu ingin come back paling cepat akhir musim ini.

"Egan sedang bekerja untuk kembali secepat mungkin. Bisa jadi 2023, tetapi juga mungkin akhir musim ini. Kita tidak boleh mengesampingkannya," katanya kepada La Gazzetta dello Sport. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 78

Foto: Instagram Egan Bernal


COMMENTS