Merlier Menang Photo Finish di Classic Brugge–De Panne


Classic Brugge–De Panne 2022 berakhir sangat ketat. Menjadi adu persaingan antara dua sprinter Tim Merlier (Alpecin-Fenix) dan Dylan Groenewegen (BikeExchange-Jayco). Merlier hanya unggul beberapa milimeter atas Groenewegen dalam balapan sepanjang 207,9 kilometer itu.

Sebanyak 165 pembalap start di ajang ini. Berasal dari 16 tim peserta WorldTour dan delapan ProTeam. Mereka bertolak dari Brugge menuju De Panne. Medannya flat, tanpa ada satu pun tanjakan.

Tiga pembalap dengan cepat membentuk kelompok kecil dan melarikan diri dari peloton. Mereka adalah Enrico Battaglin (Bardiani-CSF-Faizanè), Dimitri Peyskens (Bingoal-Pauwels Sauzen-WB), dan Jens Reynders (Sport Vlaanderen-Baloise). Mereka meninggalkan rombongan besar dengan gap lebih dari enam menit.

Setelah memimpin sepanjang lomba, ketiga pembalap tersebut berhasil ditangkap peloton di sisa 31 killometer. Setelah itu peloton melaju bersama menuju finis. Tim-tim mulai menata kereta cepatnya menjelang kilometer pemungkas. Etape ini berakhir dengan adu cepat para sprinter.

Balapan berakhir sangat ketat. Merlier dinyatakan sebagai pemenang melalui photo finish. Ia menuntaskan lomba ini dengan catatan waktu 4 jam 45 menit 41 detik. Rider asal Belgia tersebut unggul beberapa milimeter atas Groenewegen.

"Saya meluncur dengan cepat dan sedikit beruntung karena celah itu tidak tertutup. Saya merasa Groenewegen datang. Akan tetapi, saya lega karena hasil akhirnya sesuai harapan," ungkap Merlier seusai balapan.

Merlier mengaku bahwa sprint menuju finis benar-benar ketat. Para pelari cepat itu berusaha keras untuk finis pertama di De Panne. "Perjalanan menuju sprint benar-benar tak terlukiskan. Saya senang bisa sampai finis dengan selamat," bilangnya.

Ini adalah kemenangan ketiga Merlier pada musim ini. Sebelumnya, ia finis pertama di Etape 2 Tirreno-Adriatico 2022. Kemudian menjuarai Danilith Nokere Koerse pada pertengahan Maret lalu. Selanjutnya, Merlier akan turun di Gent–Wevelgem, Dwars door Vlaanderen, dan Scheldeprijs.

"Scheldeprijs akan segera datang. Saya cukup puas dengan hasil musim ini. Ini adalah kemenangan ketiga saya dan saya cukup bangga akan hal itu," ungkapnya. (mainsepeda)

Hasil Classic Brugge–De Panne 2022 (Top Ten)
1. Tim Merlier (Belgia), Alpecin-Fenix 4 jam 45 menit 41 detik
2. Dylan Groenewegen (Belanda) BikeExchange-Jayco +o
3. Nacer Bouhanni (Prancis) Arkea-Samsic +0
4. Maximilian Walscheid (Jerman), Cofidis +0    
5. Olav Kooij (Belanda) Jumbo-Visma +0
6. Arnaud Demare (Prancis), Groupama-FDJ +0
7. Simone Consonni (Italia), Cofidis +0
8. Arnaud De Lie (Belgia), Lotto Soudal +0
9. Jasper Stuyven (Belgia), Trek-Segafredo +0
10. Heinrich Haussler (Australia), Bahrain Victorious +0

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 78

Foto: Luc Claessen/Getty Images, Eurosport


COMMENTS