Roglic Raih Kemenangan Perdana Musim ini


Primoz Roglic (Jumbo-Visma) menunjukkan kelasnya sebagai unggulan tertas di Paris–Nice 2022. Rider asal itu Slovenia finis pertama di Etape 7, Sabtu (12/3) malam waktu Indonesia. Kemenangan ini memantapkan posisi Roglic di puncak klasemen overall.

Etape 7 merupakan panggung paling besar di Paris–Nice 2022. Panjang rutenya 'hanya' 155,2 kilometer. Namun, para pembalap harus melibas tanjakan kategori 2 di Cote de Coursegoules. Panjangnya 8,2 kilometer dengan gradien rata-rata lima persen.

Finisnya di puncak Col de Turini. Ini adalah tanjakan Kategori 1 sepanjang 15,2 kilometer dengan gradien rata-rata 7,2 persen. Roglic menjadi yang terhebat di tahapan ini. Ia menjadi pembalap pertama yang mencapai Col de Turini. Roglic membukukan catatan waktu 4 jam 2 menit 47 detik.

"Senang bisa menang di tanjakan ini. Selama bertahun-tahun, Anda melakukan banyak latihan dan memberikan banyak pengorbanan ke olahraga ini. Hasilnya benar-benar tidak sia-sia. Ketika Anda bisa menyelesaikannya, itu benar-benar sesuatu yang hebat," ungkap Roglic.

Mads Pedersen (kiri) menyerang sejak awal start bersama kelompok breakaway

Tahapan ini dibuka dengan aksi breakaway yang dilakukan 17 pembalap. Beberapa di antaranya adalah nama-nama top di peloton. Sebut saja Mads Pedersen (Trek-Segafredo), Ivan Garcia Cortina (Movistar), dan Michael Morkov (QuickStep Alpha Vinyl). Mereka memimpin hingga setengah menit di sisa 70 kilometer.

Satu per satu pembalap breakaway ini tercecer saat mereka mulai nanjak di Col de Turini, sekitar 15 kilometer menuju finis. Kemudian Gregor Muhlberger (Movistar) mengambil kendali balapan di sisa sepuluh kilometer. Tapi ia dengan cepat ditangkap kelompok pengejar, termasuk Roglic.

Roglic tancap gas di sisa dua kilometer. Ia dibuntuti Daniel Martinez (Ineos Grenadiers). Nairo Quintana (Arkea Samsic) dan Simon Yates (BikeExchange-Jayco) menyusul di belakang kedua pembalap itu. Roglic akhirnya finis pertama. Martinez dan Yates di posisi kedua dan ketiga.

Aksi spektakuler di Col de Turini memberikan kemenangan perdana untuk Roglic pada musim ini. Tidak hanya itu saja, Roglic semakin kokoh di puncak General Classification (GC). Ia unggul 47 detik dari Yates yang duduk di posisi kedua.

Roglic ditempel ketat Daniel Martinez, Simon Yates, dan Nairo Quintana

Kemenangan di Etape 7 juga makin mendekatkan Roglic ke gelar overall di Paris–Nice 2022. Balapan ini tinggal menyisakan satu tahapan lagi. Etape 8 berlangsung di rute sepanjang 115,6 kilometer di Nice. Pembalap harus melibas tiga tanjakan Kategori 2 dan dua tanjakan Kategori 1, yakni Cote de Peille dan Col d'Eze.

Roglic tidak mau jemawa. Ia tidak ingin kenangan musim lalu terulang. Pada saat itu, Roglic kehilangan mahkota juara Paris–Nice 2021 setelah dua kecelakaan hebat di Etape 8. "Kami belajar dari tahun lalu. Saya tahu rute itu. Tapi rute ini tidak akan mudah," terangnya. (mainsepeda)

Hasil Etape 7 Paris–Nice 2022 (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 4 jam 2 menit 47 detik
2. Daniel Martinez (Kolombia), Ineos Grenadiers +0
3. Simon Yates (Inggris), BikeExchange-Jayco +2
4. Nairo Quintana (Kolombia), Arkea-Samsic +9
5. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +11
6. Brandon McNulty (Amerika Serikat), UAE Team Emirates +25
7. Jack Haig (Australia), Bahrain Victorious +27
8. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +29
9. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +44
10. Wout Poels (Belanda), Bahrain Victorious +56

General Classification usai 7 etape dari 8 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 26 jam 26 menit 11 detik
2. Simon Yates (Inggris), BikeExchange-Jayco +47
3. Daniel Martinez (Kolombia), Ineos Grenadiers +1:00
4. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +1:50
5. Nairo Quintana (Kolombia), Arkea-Samsic +2:04
6. Jack Haig (Australia), Bahrain Victorious +2:12
7. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +2:22
8. Pierre Latour (Prancis), TotalEnergies +2:56
9. Ion Izagirre (Spanyol), Cofidis +3:13
10. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +3:29

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 76

Foto: Bas Czerwinski/Getty Images, Sport Cycling Agency


COMMENTS