Barguil Tercepat, Pogacar Bertahan di Puncak GC


Pembalap asal Prancis, Warren Barguil (Arkea Samsic) finis pertama di Etape 5 Tirreno–Adriatico 2022, Jumat (11/3). Ini adalah kemenangan pertama Barguil pada musim ini, serta perdana di Tirreno–Adriatico. Hasil di Etape 5 tidak berpengaruh ke posisi Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) di puncak General Glassification (GC).

Tahapan ini dimulai dari Sefro menuju Fermo dengan panjang rute 155 kilometer. Berbagai pergerakan terjadi di dalam peloton sejak start. Semula ada sebelas pembalap yang mencoba melepaskan diri dari rombongan besar. Akan tetapi, aksi mereka tidak berlangsung lama.

Kemudian giliran Pascal Ackermann (UAE Team Emirates) yang menyerang bersama lima pembalap lainnya di 50 kilometer setelah start. Lagi-lagi upaya mereka berhasil digagalkan. Peloton terpecah lagi 92 kilometer menuju finis. Kali ini 12 pembalap melakukan breakaway. Termasuk Barguil.

Meski dalam perjalanannya sejumlah pembalap akhirnya tercecer, hingga tersisa tujuh pembalap di 16 kilometer menuju finis, namun kelompok breakaway ini tidak terkejar oleh rombongan besar. Barguil mulai melancarkan serangan solo di sisa 4,7 kilometer.

Upayanya berhasil. Pembalap 30 tahun itu menjadi yang pertama mencapai garis finis. Barguil mencatat waktu 3 jam 39 menit 53 detik. Xandro Meurisse (Alpecin-Fenix) finis kedua dengan gap sepuluh detik. Sementara Simone Velasco (Astana Qazaqstan) di posisi ketiga dengan selisih 14 detik.

Sementara itu, cerita menarik dialami pemuncak klasemen overall Tadej Pogacar. Bersama Remco Evenepoel (QuickStep Alpha Vinyl) dan Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma), ia sempat salah belok di enam kilometer menuju finis. Insiden ini memupuskan harapan mereka untuk memenangi Etape 5 Tirreno–Adriatico 2022.

Pogacar akhirnya finis keenam dengan selisih 28 dari Barguil. Kabar baiknya, hasil tahapan ini tidak memengaruhi posisi Pogacar di klasemen sementara. Pogacar masih duduk nyaman di puncak GC. Ia unggul sembilan detik atas Evenepoel.

Berikutnya, Etape 6 akan menempuh total jarak 215 kilometer. Peloton akan melaju dari Apecchio ke Carpegna. Tantangan terberat terletak di 50 kilometer menuju finis. Sebab para pembalap harus dua kali nanjak di Monte Carpegna. Ini adalan tanjakan hors categorie (HC) dengan panjang 6,2 kilometer serta gradien rata-rata 9,6 persen. (mainsepeda)

Hasil Etape 5 Tirreno–Adriatico 2022 (Top Ten)
1. Warren Barguil (Prancis), Arkea-Samsic 3 jam 39 menit 53 detik
2. Xandro Meurisse (Belgia), Alpecin-Fenix +10
3. Simone Velasco (Italia), Astana Qazaqstan +14
4. Nelson Oliveira (Portugal), Movistar +15
5. Richie Porte (Australia), Ineos Grenadiers +26
6. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +28
7. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +28
8. Enric Mas (Spanyol), Movistar +28
9. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl +28
10. Jai Hindley (Australia), Bora-Hansgrohe +28

General Classification usai 5 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 18 jam 17 menit 8 detik
2. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl +9
3. Thymen Arensman (Belanda), Team DSM +43
4. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +45
5. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Astana Qazaqstan +1.00
6. Richie Porte (Australia), Ineos Grenadiers +1:00
7. Tao Geoghegan Hart (Inggris), Ineos Grenadiers +1:02
8. Jai Hindley (Australia), Bora-Hansgrohe +1:06
9. Enric Mas (Spanyol), Movistar +1:11
10. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +1:14

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 76

Foto: Getty Images


COMMENTS