Sagan Out, Ewan Menang Sprint


Tidak ada nama Peter Sagan dalam daftar pembalap yang start di Etape 3 Tirreno–Adriatico 2022. Sprinter Team TotalEnergies tersebut memutuskan mundur karena demam dan sakit perut. Sementara itu, etape ini menjadi milik Caleb Ewan (Lotto Soudal).

Pengumuman mundurnya Sagan dilakukan sebelum dimulainya Etape 3. Menurut Cyclingnews, Sagan mengalami demam dan sakit perut pada Rabu pagi. Situasi ini dikhawatirkan akan memengaruhi persiapannya menuju Milan-San Remo pada 19 Maret nanti.

Etape 3 dimulai dari Murlo menuju Terni. Panjang rutenya 170 kilometer. Enam pembalap dengan cepat langsung melakukan breakaway. Salah satunya Taco van der Hoorn (Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux). Seluruh rider breakaway akhirnya tertangkap peloton di sisa 47 kilometer. 

Setelah itu, sejumlah pembalap silih berganti melakukan manuver. Termasuk Tadej Pogacar (UAE Team Emirates). Bersama rekan setimnya, Marc Soler, Tao Geoghegan Hart (Ineos Grenadiers), dan Julian Alaphilippe QuickStep Alpha Vinyl, Pogacar menjauh dari peloton di 25 kilometer menuju finis.

Namun dominasi keempat pembalap tersebut tidak berlaku lama. Mereka tergangkap peloton di 10 kilometer jelang finis. Setelah itu seluruh tim mulai mentara kereta cepatnya. Mereka menempatkan para pelari cepat di posisi terbaik di kilometer pemungkas.

Kali ini Ewan menjadi yang terbaik. Sprinter Australia itu menuntaskan balapan dengan catatan waktu 4 jam 7 menit 24 detik. Arnaud Demare (Prancis), Groupama-FDJ  dan Olav Kooij (Belanda), Jumbo-Visma membuntutinya di peringkat kedua dan ketiga.

"Saya telah datang ke sini selama beberapa tahun. Namun selalu mengalami nasib buruk atau tidak dalam bentuk terbaik. Tirreno–Adriatico merupakan balapan menyenangkan. Jadi saya sangat senang dengan hasil etape ini," ungkap Ewan seusai balapan.

Kemenangan ini menjadi modal bagus untuk Ewan yang akan bertarung di Milan-San Remo pada 19 Maret nanti. Selain itu, ia juga dijadwalkan tampil di Giro d'Italia serta Tour de France.

Ganna tetap berada di puncak General Classification dan berhak atas jersey biru

Sementara itu, hasil di Etape 3 tidak memengaruhi posisi pembalap di sepuluh besar General Classification (GC). Time trialist Italia, Filippo Ganna masih berada di puncak. Member tim Ineos Grenadiers tersebut mengungguli Remco Evenepoel (QuickStep Alpha Vinyl) dan Pogacar.

Situasi dapat berubah karena para pembalap mulai menghadapi rute menanjak di Etape 4, Kamis (10/3). Panjang rutenya 202 kilometer. Peloton akan bertolak dari Cascata delle Marmore menuju Bellante. Pembalap akan nanjak di Valico Torre Fuscello dan Bellante. Tanjakan terakhir memiliki gradien rata-rata5,7 persen dengan panjang 4,2 kilometer. (mainsepeda)

Hasil Etape 3 Tirreno–Adriatico 2022 (Top Ten)
1. Caleb Ewan (Australia), Lotto Soudal 4 jam 7 menit 24 detik
2. Arnaud Demare (Prancis), Groupama-FDJ +0
3. Olav Kooij (Belanda), Jumbo-Visma +0
4. Nacer Bouhanni (Prancis), Arkea-Samsic +0
5. Tim Merlier (Belgia), Alpecin-Fenix +0
6. Pascal Ackermann (Jerman), UAE Team Emirates +0
7. Phil Bauhaus (Jerman), Bahrain Victorious +0
8. Simone Consonni (Italia), Cofidis +0
9. Elia Viviani (Italia), Ineos Grenadiers +0
10. Matteo Moschetti (Italia), Trek-Segafredo +0

General Classification usai 3 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Filippo Ganna (Italia), Ineos Grenadiers 9 jam 48 menit 4 detik
2. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl +11
3. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +14
4. Kasper Asgreen (Denmark), Quick-Step Alpha Vinyl +24
5. Alex Dowsett (Inggris), Israel-Premier Tech +25
6. Thymen Arensman (Belanda), Team DSM +28
7. Tobias Ludvigsson (Swedia), Groupama-FDJ +32
8. Jos van Emden (Belanda), Jumbo-Visma +33
9. Matteo Sobrero (Italia) BikeExchange-Jayco +39
10. Lawson Craddick (Amerika Serikat), BikeExchange-Jayco +39

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 76

Foto: Getty Images, LaPresse, Sprint Cycling Agency


COMMENTS