Pedersen Akhiri Puasa Kemenangan di WorldTour


Mads Pedersen (Trek-Segafredo) mengunci kemenangan di Etape 3 Paris–Nice 2022, Selasa (8/3). Rider asal Denmark ini menang sprint atas Bryan Coquard (Cofidis) dan Wout Van Aert (Jumbo-Visma). Ini adalah kemenangan pertamanya di WorldTour setelah puasa lebih dari satu tahun.

Tahapan ini menyuguhkan rute cukup panjang, 190,8 kilometer. Membentang dari Vierzon menuju Dun-le-Palestel. Medannya cenderung flat di awal. Kemudian para pembalap menghadapi tiga tanjakan Kategori 3 di 70 kilometer menjelang finis.

Tiga pembalap langsung tancap gas sejak lima kilometer setelah start. Mereka adalah Thomas De Gendt (Lotto Soudal), Owain Doull (EF Education-EasyPost), dan Alexis Gougeard (B&B Hotels-KTM). Usai memimpin selama hampir sepanjang balapan, mereka ini tertangkap peloton di sisa 25 kilometer.

Soren Kragh Andersen (Team DSM) dan Olivier Le Gac (Groupama-FDJ) coba menyerang di tujuh kilometer jelang finis. Namun aksi itu gagal karena mereka dengan cepat ditangkap peloton. Setelah itu masing-masing tim mulai menata kereta cepatnya.

Jumbo-Visma masih tertumpu kepada Christophe Laporte dan Wout van Aert. Namun, tim asal Belanda tersebut kembali gigit jari. Mads Pedersen (Trek-Segafredo) melambungkan namanya sebagai pemenang di etape ini. Rider asal Denmark ini mencatatkan waktu 4 jam 23 menit 29 detik. Bryan Coquard (Cofidis) dan Van Aert finis kedua dan ketiga.

"Kami melewatkan kesempatan menang di etape kemarin dengan nasib buruk yang dialami Alex Kirsch. Saya pun mengalami masalah dengan rantai sepeda," kata Pedersen selepas balapan.

Konon, Pedersen adalah rider Trek-Segafredo pertama yang meraih kemenangan etape di Paris-Nice 

Pedersen selalu finis di posisi lima di dua etape pertama. Kemenangan ini membawanya masuk ke lima besar di klasemen overall. "Para pembalap bekerja dengan fantastis. Mereka membuatnya semudah mungkin untuk saya," bilang Pedersen.

Ini adalah kemenangan kedua Pedersen pada awal musim ini. Sebelumnya, pembalap 26 tahun ini memenangkan Etape 1 di Tour du Gard, awal Februari lalu. Juara dunia 2019 ini juga mencatatkan namanya sebagai pembalap Trek-Segafredo pertama yang meraih kemenangan etape di Paris-Nice. Begitu klaim Procyclingstats.

"Ini adalah kemenangan WorldTour pertama saya dalam waktu yang lama. Sangat menyenangkan memulai musim ini dengan baik. Ini adalah arah yang baik untuk balapan Klasik yang segera datang dalam beberapa minggu ke depan," imbuh Pedersen.

Kemenangan terakhir Pedersen di arena WorldTour terjadi di balapan Gent-Wevelgem pada 11 Oktober 2020 silam. Pedersen sekaligus menjadi pembalap Trek-Segafredo pertama yang menang di WorldTour setelah Bauke Mollema memenangi Etape 14 Tour de France 2021.

Sementara itu, Laporte mengalami kecelakaan saat adu sprint di garis finis. Kabar baiknya, pembalap asal Prancis ini tidak mengalami luka serius. Selain itu, insiden tersebut tidak memengaruhi posisinya di General Classification (GC). Laporte masih berada di puncak GC dan berhak atas jersey kuning.

Selanjutnya, Etape 4 Paris–Nice 2022 akan menghadirkan balapan Individual Time Trial (ITT). Panjang lintasannya 13,4 kilometer dari Domerat menuju Montlucon. (mainsepeda)

Hasil Etape 3 Paris–Nice 2022 (Top Ten)
1.  Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo 4 jam 23 menit 29 detik
2. Bryan Coquard (Prancis), Cofidis +0
3. Wout van Aert (Belgia), Jumbo-Visma +0
4. Jasper Philipsen (Belgia), Alpecin-Fenix +0
5. Anthony Turgis (Prancis), Team TotalEnergies +0
6. Biniam Girmay Hailu (Eritrea), Intermarché - Wanty - Gobert Matériaux +0
7. Fred Wright (Inggris), Bahrain-Victorious +0
8. Danny van Poppel (Belanda), Bora-Hansgrohe    +0
9. Ethan Hayter (Inggris), Ineos Grenadiers +0
10. Juan Sebastián Molano (Kolombia), UAE Team Emirates +0

General Classification usai 3 etape dari 8 etape (Top Ten)
1. Christophe Laporte (Prancis), Jumbo-Visma 11 jam 34 menit 44 detik
2. Wout van Aert (Belgia), Jumbo-Visma +1
3. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +9
4. Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo +29
5. Bryan Coquard (Prancis), Cofidis +33
6. Pierre Latour (Prancis), TotalEnergies +33
7. Zdenek Stybar (Ceko), QuickStep Alpha Vinyl +38
8. Jasper Stuyven (Belgia), Trek-Segafredo +39
9. Aleksandr Vlasov (Rusria), Bora-Hansgrohe +39
10. Florian Senechal (Prancis), QuickStep Alpha Vinyl +39

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray

Foto: Sprint Cycling Agency, Getty Images


COMMENTS