Duel Pogacar vs Evenepoel di Tirreno-Adriatico 2022


Remco Evenepoel (QuickStep Alpha Vinyl) menjadi salah satu penantang Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) di Tirreno-Adriatico 2022. Balapan tujuh etape ini akan berlangsung mulai Senin (7/3) malam ini, hingga Minggu (13/3) nanti.

Pogacar merupakan juara bertahan di ajang ini. Ia kembali untuk mempertahankan singgasananya. Pogacar mendapat pesaing tangguh. Selain Evenepoel dan rekan setimnya Julian Alaphilippe, ia harus melawan Richard Carapaz (Ineos Grenadiers) dan Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma).

Evenepoel sendiri telah memulai musim ini dengan hasil memuaskan. Ia menjadi juara overall di Volta ao Algarve 2022. Kemenangan itu menjadi modal untuk berduel dengan Pogacar di Tirreno-Adriatico. Evenepoel mendapatkan dukungan dari Alaphilippe di sebelahnya.

Tentu saja misi ini tidak mudah. Apalagi Pogacar baru saja memenangi Strade Bianche, akhir pekan kemarin. Ia juara setelah solo ride di sisa 50 kilometer. "Apakah itu membuat saya gugup? Tidak. Akan menyenangkan untuk membalap melawannya, tapi itu juga akan menyakitkan untuk dilakukan," katanya dilansir Sporza.

"Pogacar tampaknya tidak terkalahkan. Tetapi semua orang berpikiran sama tentang Mathieu van der Poel di Tour of Flanders tahun lalu. Namun (Kasper) Asgreen mampu mengalahkannya. Jadi, kami harus percaya pada diri sendiri," imbuh pembalap asal Belgia ini.

Tirreno-Adriatico 2022 dibuka dengan balapan individual time trial (ITT) di Lido di Camaiore. Panjang rutenya 13,9 kilometer. Filippo Ganna (Ineos Grenadiers) menjadi unggulan utama di tahapan ini. Namun, Evenepoel ingin membuat kejutan untuk sang juara dunia 2021 itu.

"Ini seperti melawan Pogacar. Ganna adalah yang terbaik di dunia dalam hal ITT. Saya mencoba melaju secepat mungkin dan membuatnya sesulit mungkin," bilangnya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray

Foto: Dario Belingheri/Getty Images


COMMENTS