Kejutan Vacek, Pemenang Etape Termuda Musim ini


Pembalap 19 tahun asal Republik Ceko, Mathias Vacek membuat kejutan di Etape 6 UAE Tour 202. Anggota tim Gazprom-Rusvelo tersebut memenangi tahapan ini setelah melakukan breakaway sejak kilometer pertama. Ini adalah kemenangan pertamanya di arena WorldTour.

Vacek memulai karier profesional dengan bergabung Gazprom-Rusvelo pada tahun lalu. Prestasinya tidak terlalu menonjol. Ia bahkan tidak meraih satu kemenangan pun dari 15 lomba yang diikuti pada musim 2021. Vacek juga mencatat lima kali gagal finis sepanjang tahun lalu.

Peruntungannya sedikit berubah pada 2022. Ini akan menjadi tahun kedua, juga bisa menjadi tahun terakhirnya di Gazprom-Rusvelo. Sebab kontraknya akan habis di penghujung musim ini. Namun Vacek sangat beruntung. Ia berhasil mencuri kemenangan di Etape 6, Jumat (25/2) malam waktu Indonesia.

"Saya masih tidak bisa percaya. Kemenangan ini sungguh luar biasa. Saya masih sangat muda. Baru 19 tahun. Oleh karena itu, kemenangan ini sangat berarti untuk saya," bilang Vacek dilansir Cyclingnews.

Etape 6 UAE Tour 2022 dimulai dari Expo 2020 Dubai. Panjang rutenya 180 kilometer. Vacek menyerang sejak kilometer pertama. Ia termasuk dalam enam pembalap breakaway. Lima nama lainnya adalah Paul Lapeira (AG2R-Citroën), dua pembalap Bardiani-CSF-Faizanè, Alessandro Tonelli dan Johnatan Canaveral. Serta dua rekan setim Vacek, yakni Dmitry Strahkov dan Pavel Kochetkov.

Vacek bergabung dengan lima pembalap lainnya yang melakukan breakaway sejak kilometer pertama

Vacek (19 tahun) adalah yang termuda di kelompok breakaway. Ia terpaut dua tahun dari Lapeira (21 tahun). Keenam pembalap itu nyaris tidak terkejar oleh rombongan besar. Hanya Canaveral yang tercecer dan tertangkap peloton di 11 kilometer menuju finis.

Rombongan besar memang makin mendekat. Saat balapan tersisa 4 kilometer, gap dengan pembalap breakaway makin menipis menjadi kurang dari satu menit. Tapi mereka tetap tak terkejar. Kelimanya bersama-sama memasuki kilometer pemungkas. Kemudian mereka beradu sprint di mana Vacek menjadi pemenangnya.

Vacek membukukan catatan waktu 3 jam 58 menit 10 detik. Paul Lapeira dan Dmitry Strakhov finis kedua dan ketiga. "Kami tidak memiliki taktik apa pun. Kami hanya ingin mencapai finis. Kami mencoba semua orang untuk sprint dan saya memiliki sprint terbaik," ujarnya.

Menurut procyclingstats, kemenangannya di Etape 6 UAE Tour 2022 menjadikan Vacek (19 tahun 258 hari) sebagai pemenang etape termuda musim ini. Ia melampaui rekor milik member tim Ineos Grenadiers Magnus Sheffield (19 tahun 305 hari) saat finis pertama di Etape 3 Vuelta a Andalucia.

Tadej Pogacar masih bertengger di puncak GC dan mempertahankan jersey merah

Sementara itu, hasil Etape 6 tidak berpengaruh ke posisi Tadej Pogacar di puncak General Classification. Rider UAE Team Emirates tersebut masih memimpin klasemen overall. Ia terpaut empat detik dari time trialist Italia Filippo Ganna (Ineos Grenadiers).

UAE Tour 2022 akan memasuki tahapan pemungkas pada Sabtu (26/2). Peloton akan menempuh rute sepanjang 148 kilometer dari Al Ain menuju puncak Jebel Hafeet. Ini adalah tanjakan sepanjang 10,9 kilometer dengan elevasi 1030 meter dan gradien rata-rata 6,8 persen. (mainsepeda)

Hasil Etape 6 UAE Tour 2022 (Top Ten)
1. Mathias Vacek (Ceko), Gazprom-Rusvelo 3 jam 58 menit 10 detik
2. Paul Lapeira (Prancis), AG2R Citroen +0
3. Dmitry Strakhov (Rusia), Gazprom-Rusvelo +0
4. Alessandro Tonelli (Italia), Bardiani-CSF-Faizane +0
5. Pavel Kochetkov (Rusia), Gazprom-Rusvelo +0
6. Jasper Philipsen (Belgia), Alpecin-Fenix +15
7. Dylan Groenewegen (Belanda), BikeExchange-Jayco +15
8. Pascal Ackermann (Jerman), UAE Team Emirates +15
9. Rudy Barbier (Prancis), Israel-Premier Tech +15
10. Jonathan Milan (Italia), Bahrain Victorious +15

General Classification usai 6 Etape dari 7 Etape (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 22 jam 16 menit 2 detik
2. Filippo Ganna (Italia), Ineos Grenadiers +4
3. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +14
4. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +17
5. Neilson Powless (Amerika Serikat) EF Education-EasyPost +26
6. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +30
7. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +37
8. Oscar Rodriguez (Spanyol), Movistar +40
9. Ruben Guerreiro (Portugal), EF Education-EasyPost +42
10. Andreas Leknessund (Norwegia), Team DSM +49

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 75

Foto: Getty Images


COMMENTS