Pogacar Raih Kemenangan Perdana Musim ini


Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) berhasil mendapatkan kemenangan pertamanya musim ini. Pembalap asal Slovenia itu finis pertama di Etape 4 UAE Tour 2022, Rabu (23/2) malam waktu Indonesia. Tak sekadar menang, Pogacar juga melesat ke puncak General Classification.

Pogacar berlaga di UAE Tour 2022 dengan status juara bertahan. Namanya sempat tenggelam di dua etape awal. Maklum, dua panggung pembuka didominasi rute flat. Sehingga menjadi santapan empuk para sprinter. Pogacar baru menunjukkan taringnya di balapan time trial di Etape 3, Selasa (22/2) kemarin. 

Pogacar finis keempat di etape kemarin. Hasil itu membuatnya masuk lima besar di klasemen overall. Ia diyakini akan semakin menjadi di Etape 4. Panjang rutenya 181 kilometer. Peloton bertolak dari Fujairah Fort dan finis di puncak Jebel Jais. Itu adalah tanjakan sepanjang 18,8 kilometer dengan gradien rata-rata 5,7 persen.

Setelah "bersembunyi" di tengah-tengah peloton sepanjang balapan, ia mulai berakselerasi di delapan kilometer terakhir. Pogacar tidak sendirian. Ia ditempel ketat oleh Aleksandr Vlasov (Bora-Hansgrohe) serta Adam Yates (Ineos Grenadiers).

Ketiganya beradu cepat di tanjakan menuju puncak Jebel Jais. Kali ini Pogacar tampil sangat solid. Ia berhasil menuntaskan balapan ini dengan catatan waktu 4 jam 49 menit 24 detik. Yates dan Vlasov menyelesaikan race ini di posisi kedua dan ketiga.

"Ini adalah pendakian pertama dengan banyak pebalap kuat menyerang dari kiri, kanan, dan tengah. Tim saya melakukan pekerjaan luar biasa. Mereka membawa saya ke sprint terakhir dan melakukan yang terbaik. Saya sangat senang dengan kemenangan ini," kata Pogacar selepas balapan.

Pogacar makin senang karena ia meraih kemenangan perdana di balapan pertama yang diikuti musim ini. Apalagi hasil di Etape 4 membawa Pogacar melesat ke puncak klasemen overall. Ia terpaut dua detik dengan time trialist asal Italia Filippo Ganna (Ineos Grenadiers).

Pogacar kini bertugas untuk menjaga posisinya hingga etape pemungkas pada Sabtu (26/2) nanti. Balapan ini masih menyisakan tiga etape. Dua di antaranya adalah medan datar, yang selama ini menjadi santapan empuk para sprinter. UAE Tour 2022 akan ditutup di Jebel Hafeetdengan rute sepanjang 148 kilometer.

"Anda tidak tahu apa yang bisa terjadi di hari terakhir. Anda bisa kehilangan waktu. Jadi saya sangat senang meraih jersey merah dan memenangi etape ini. Sekarang kami akan tampil dua etape datar. Kemudian kami akan fokus ke hari terakhir dan melihat bagaimana kelanjutannya," ucap pembalap 23 tahun ini. (mainsepeda)

Hasil Etape 4 UAE Tour 2022 (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 4 jam 49 menit 24 detik
2. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +0
3. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +10
4. Ruben Guerreiro (Portugal), EF Education-EasyPost +3
5. Damien Howson (Australia), BikeExchange-Jayco +3
6. Romain Bardet (Prancis), Team DSM +3
7. Jai Hindley (Australia), Bora-Hansgrohe +3 
8. Geoffrey Bouchard (Prancis), AG2R Citroen +3
9. Jan Hirt (Ceko), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +3
10. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +3

General Classification usai 4 Etape dari 7 Etape (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 14 jam 2 menit 34 detik
2. Filippo Ganna (Italia), Ineos Grenadiers +2
3. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +13
4. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +15
5. Neilson Powless (Amerika Serikat) EF Education-EasyPost +23
6. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +28
7. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +35
8. Oscar Rodriguez (Spanyol), Movistar +38
9. Ruben Guerreiro (Portugal), EF Education-EasyPost +40
10. Geoffrey Bouchard (Prancis), AG2R Citroen +41

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 75

Foto: Getty Images


COMMENTS