Operasi Sukses, Egan Bernal Mulai Menjalani Masa Rehabilitasi


Egan Bernal baru saja menjalani operasi tulang belakang keduanya pascakecelakaan mengerikan pada akhir Januari lalu. Melalui pernyataan resmi Clínica Universidad de La Sabana, operasi itu berlangsung sukses. Kini Bernal akan memulai proses rehabilitasi.

Pihak klinik menjelaskan bahwa operasi tersebut berjalan baik. Tidak ada komplikasi yang muncul dari operasi yang berlangsung pada Rabu (2/2) waktu setempat. Sebelumnya, sehari setelah kecelakaan, Bernal menjalani operasi untuk mengatasi patah tulang paha, tempurung lutut, dan tulang rusuk. Serta paru-paru yang kolaps.

"Pasien sudah dalam pemulihan. Tujuan stabilitas biomekanik tulang belakang leher dicapai dengan hasil klinis yang sangat baik, tanpa komplikasi selama operasi. Kami akan terus memantau evolusipasca operasi. Kami akan bekerja untuk mencapai hasil klinis terbaik agar pasien melakukan pemulihan yang cepat," tulis pihak klinik.

BACA JUGA: Bernal Hampir Lumpuh karena Insiden di Kolombia

Bernal telah mengabarkan kondisi terbarunya melalui media sosial pada Kamis (3/2) tengah malam. Jawara Tour de France 2019 ini sudah bisa tersenyum. Bernal membahas semua cedera yang dialami akibat kecelakaan pada Senin (24/1) lalu.

Setidaknya ada 11 tulang rusuk, tulang paha, sendi, soket, dua tulang belakang, tulang metakarpal, dan ibu jari yang patah. Bernal juga kehilangan gigi dan kedua paru-parunya yang berlubang. Kabar baiknya, semua prosedur operasi yang dijalani berjalan sukses.

"Saya telah menjalani operasi terakhir dan semuanya tampak baik-baik saja. Saya hampir mati, tapi sebenarnya saya bersyukur Tuhan membiarkan saya melewati cobaan ini. Ini adalah balapan terberat saya. Sekarang saya akan memulai rehabilitasi. Saya akan kembali," tulis juara Giro d'Italia 2021 ini. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray episode 72

Foto: Ineos Grenadiers


COMMENTS