Tour de France Merayakan HUT ke-110 di Basque Country


Amaury Sport Organisation (ASO) sebagai penyelenggara Tour de France, baru saja mempresentasikan profil Grand Depart untuk musim 2023 nanti. Balapan akan dimulai di Basque Country di Spanyol. Tour de France akan merayakan balapan edisi ke-110 di sana.

Setelah menggelar Grand Depart di dalam negeri dalam dua edisi terakhir, Tour de France kembali dumulai dari luar negeri pada tahun ini. Start Tour de France 2022 akan dilakukan di Kopengahen, Denmark pada 1-3 Juli nanti. Balapan kembali dimulai di luar negeri pada musim 2023. Tepatnya di Basque Country.

Penunjukan Basque Country sebagai Grand Depart tahun 2023 sebenarnya sudah dimumkan sejak Maret tahun lalu. Hanya saja ASO baru mempresentasikan detail rute balapan di Basque Country pada Rabu (26/1) malam.

Etape 1 berlangsung di Kota Bilbao dengan tltal jarak 185 kolometer. Lalu Etape 2 menyajikan medan sepanjang  210 kilometer dari Vitoria-Gasteiz ke Donastia San Sebastián. Kemudian Etape 3 dimulai dari Amorebieta-Etxano dengan total jarak 80 kilometer. Panggung ini diklaim cocok untuk para sprinter.

Inigo Urkullu Renteria, Presiden Pemerintahan Basque menegaskan bahwa daerahnya ingin menjadi tuan rumah yang sempurna untuk Grand Depart Tour de France. "Kami antusias dan berkomitmen dan siap menyambut Tour de France edisi ke-110," kata Renteria dalam keterangan resminya.

Tour de France kali pertama mengunjungi Basque pada 1949. Lalu berlanjut lagi pada 1977 dan 1992. Menurut Cyclingnews, Basque Country adalah salah satu wilayah yang sempat dihindari La Vuelta a España selama 30 tahun karena ancaman kekerasan dari kelompok pro-kemerdekaan. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray episode 71

Foto: ASO


COMMENTS